Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

Minggu, 11 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia
Katalin Novak mundur karena skandal pengampunan terhadap terpidana pedofilia. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Katalin Novák, Presiden Hongaria mengumumkan di televisi nasional pada Sabtu bahwa dia mengundurkan diri. Itu dikarenakan dia menghadapi tekanan yang semakin besar untuk memberikan pengampunan presiden kepada seorang pria yang dihukum karena membantu menutupi kasus pelecehan seksual di panti asuhan.

“Saya melakukan kesalahan,” kata Novak. “Hari ini adalah hari terakhir saya memanggil Anda sebagai presiden.”

Novak, 46, adalah sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban dan anggota partainya, Fidesz. Dia kembali dari kunjungan resmi ke Qatar dalam waktu singkat untuk membuat pengumuman pengunduran diri.

Novák telah memiliki karier yang luar biasa: ia mulai bekerja di Kementerian Luar Negeri, kemudian menjadi Menteri Keluarga, dan menjadi Wakil Presiden dari partai Fidesz yang berkuasa. Dalam beberapa tahun terakhir, perannya telah berkembang secara spektakuler. Tahun lalu dan tahun ini, dia dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh dalam kehidupan publik Hongaria.

Katalin Novák adalah perempuan pertama, dan pada usia 44 tahun, ia bahkan menjadi presiden termuda Hongaria sejak pergantian rezim. Dia memiliki tiga anak, berbicara empat bahasa asing, lari maraton, dan merupakan anggota partai Fidesz yang berkomitmen.

Siapa Katalin Novák? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

1. Orang Kepercayaan Orban

Siapa Katalin Novak? Presiden Wanita Pertama dan Termuda di Hongaria yang Mundur karena Skandal Pedofilia

Foto/Reuters

Melansir hungarytoday, Katalin Novak memulai karir politiknya pada tahun 2001 (pada pemerintahan Orbán pertama) di Kementerian Luar Negeri, dengan spesialisasi dalam urusan Eropa. Pada tahun 2010, ia menjadi penasihat menteri, dan dua tahun kemudian ia diangkat menjadi kepala kabinet Kementerian Sumber Daya Manusia (EMMI).

Pada tahun 2014, ia diangkat sebagai Sekretaris Negara Urusan Keluarga dan Pemuda EMMI, dan akhirnya menjadi Menteri Keluarga pada Oktober 2020. Antara tahun 2017 dan 2021, ia juga menjadi salah satu wakil presiden Fidesz. Ini hanyalah ringkasan singkat tentang kariernya – masih banyak lagi. Dan bukan hanya karena dia akan menjadi presiden perempuan pertama Hongaria.

Dalam pidato pengantarnya, Katalin Novák menyebut invasi Rusia sebagai "virus yang merusak" dan berjanji akan berupaya demi persatuan bangsa.Lanjutkan membaca


2. Dikenal Cantik dan Cerdas

Melansir hungarytoday, Katalin Novak lahir di Szeged pada tahun 1977, belajar di Universitas Nasional Pelayanan Publik (NKE) di Budapest, Universitas Szeged, dan di Paris dengan beasiswa. Menurut biografi resminya, Novák memulai karirnya di pemerintahan pada tahun 2001 sebagai penasihat di Kementerian Luar Negeri, namun keluar pada tahun 2003. Setelah itu, ekonom tersebut menghabiskan enam tahun membesarkan anak-anaknya di rumah (sebagian di Jerman) sebelum menjadi seorang pejabat. Penasehat Menteri Luar Negeri pada tahun 2010, dan Kepala Kabinet Menteri Sumber Daya Manusia pada tahun 2012.

“Segar, cerdas, cantik,” adalah kesan pertama Menteri Zoltán Balog ketika dia bertemu langsung dengan Katalin Novák untuk pertama kalinya pada saat pemilihan kepala kabinet yang baru. Tidak diketahui siapa sebenarnya yang merekomendasikan Katalin Novák kepadanya ketika ia sedang mencari kepala kabinet pada tahun 2012, setelah pengangkatannya sebagai menteri utama sumber daya manusia, kecuali bahwa “seorang teman”, mantan Menteri Luar Negeri János Martonyi pernah mendengar tentang Katalin Novák. .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)