Houthi Puji Arab Saudi, Ada Apa Gerangan?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:02 WIB
loading...
Houthi Puji Arab Saudi, Ada Apa Gerangan?
Houthi memuji Arab Saudi karena sudah berdamai. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Mohammed Abdulsalam, kepala perunding dan juru bicara Houthi , mengatakan bahwa pertemuan delegasi Sanaa dengan para pejabat Arab Saudi baru-baru ini “telah mengatasi hambatan paling penting yang dihadapi peta jalan” menuju perdamaian.

"Solusi ini sejalan dengan yang diperjuangkan oleh utusan PBB untuk Yaman, Hans Grundberg," kata Abdulsalam dalam wawancara luas dengan Asharq Al-Awsat.

Abdulsalam sebelumnya menyebut pejabat Arab Saudi sebagai “saudara” dalam sebuah pernyataan kepada Asharq Al-Awsat pada bulan Januari. Dia menjawab pertanyaan tentang inisiatif perdamaian, serangan di Laut Merah dan hubungan regional dan internasional.

Abdulsalam mengatakan serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah hanya akan berhenti jika Tel Aviv mengakhiri serangan mereka terhadap rakyat Palestina.

Abdulsalam percaya bahwa upaya untuk menemukan perdamaian di Yaman “berjalan dengan baik, baik sejak dimulainya gencatan senjata PBB pada bulan April 2022, bertepatan dengan bulan Ramadhan pada saat itu, dan juga melalui diskusi dengan pihak Saudi di bawah sponsor Oman, yang merupakan upaya untuk mencapai perdamaian di Yaman. berjalan dengan baik sejauh ini.”



Ketika ditanya tentang sejauh mana kesediaan Houthi untuk memulai perundingan politik yang mencakup pembagian kekuasaan, pemilihan umum, dan konstitusi baru, Abdulsalam mengatakan “peta jalan tersebut mencakup keprihatinan semua orang, dan menyoroti situasi kemanusiaan mendesak yang diderita rakyat Yaman.”

Dalam pernyataan sebelumnya kepada Asharq Al-Awsat, Abdulsalam mengatakan bahwa operasi Laut Merah yang dilakukan Houthi tidak akan berdampak pada inisiatif perdamaian. Dia mengatakan hal ini “penting untuk menanggapi situasi mendesak di Palestina, yang merupakan risiko bagi keamanan regional, Arab dan Islam.

“Hal ini akan berdampak pada kita di Yaman jika Israel mendominasi, melenyapkan atau melemahkan rakyat Palestina dan perlawanannya. Hal ini akan berdampak negatif pada semua orang, terlepas dari posisi agama dan moral terhadap masalah ini. Oleh karena itu, kami menganggap hal ini terpisah dari proses perdamaian selama ini dan menganggap pernyataan Barat datang sebagai bagian dari upaya untuk menekan kami agar mundur.”

Abdulsalam menambahkan: “Operasi militer di Laut Merah, yang menargetkan kapal-kapal Israel serta kapal-kapal yang menuju Israel, akan terus berlanjut sampai agresi terhadap Jalur Gaza berakhir dan pengepungan tersebut dicabut dengan membawa bantuan makanan ke utara dan selatan Jalur Gaza."

Dia mengatakan Houthi terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan negara-negara Barat mengenai situasi Laut Merah, di bawah “naungan saudara-saudara kita di Kesultanan Oman.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)