Trump Berjanji Akan Batalkan Pembatasan Senjata di AS jika Terpilih Kembali

Sabtu, 10 Februari 2024 - 16:50 WIB
loading...
Trump Berjanji Akan Batalkan Pembatasan Senjata di AS jika Terpilih Kembali
Donald Trump berjanji akan membatalkan pembatasan senjata di AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Mantan Presiden Donald Trump , kandidat terdepan Partai Republik dalam pemilihan presiden 2024, mengatakan bahwa dia dengan tegas melindungi hak kepemilikan senjata jika terpilih kembali. Dia akan membatalkan semua pembatasan yang diberlakukan oleh Presiden Joe Biden.

Berbicara di hadapan ribuan pendukungnya di sebuah acara yang diselenggarakan oleh National Rifle Association (NRA), Trump berjanji untuk membatalkan aturan yang membatasi penjualan aksesori senjata yang dikenal sebagai penyangga pistol dan peraturan lain yang diberlakukan oleh pemerintahan Biden.

“Setiap serangan Biden terhadap pemilik dan produsen senjata akan dihentikan pada minggu pertama saya kembali menjabat, mungkin hari pertama saya,” kata Trump dalam pidatonya di acara Great American Outdoor di Harrisburg, ibu kota Pennsylvania, dilansir Reuters.

NRA dengan antusias mendukung Trump selama pemilu tahun 2016 dan selama masa pemerintahannya, mendukungnya ketika ia menunjuk tiga hakim konservatif ke Mahkamah Agung dan mengadopsi serangkaian langkah yang diminta oleh kelompok lobi senjata yang berpengaruh. Hal ini termasuk menetapkan toko senjata api sebagai bisnis penting selama pandemi COVID-19, sehingga memungkinkan mereka untuk tetap buka.

Melihat pemilik senjata konservatif sebagai hal yang penting bagi peluangnya untuk terpilih kembali, Trump terus merayu mereka secara agresif. Dia mengatakan kepada massa pada hari Jumat bahwa jika dia terpilih kembali, “tidak ada yang akan menyentuh senjata api Anda” dan membual tentang penolakannya terhadap tekanan untuk menerapkan pembatasan senjata selama masa jabatannya di Gedung Putih dari tahun 2017 hingga 2021.

"Selama empat tahun saya tidak terjadi apa-apa, dan ada tekanan besar pada saya karena berkaitan dengan senjata. Kami tidak melakukan apa pun, kami tidak menyerah," kata Trump.

Partai Republik, dengan dukungan NRA dan kelompok hak kepemilikan senjata lainnya, sebagian besar menentang undang-undang yang lebih ketat, dengan alasan hak untuk memanggul senjata yang ditetapkan dalam Amandemen Kedua Konstitusi AS. Sikap tersebut tetap teguh bahkan dalam menghadapi serangkaian penembakan massal, dan Amerika Serikat mencatat tingkat kematian akibat senjata api tertinggi di antara negara-negara kaya.

Pada pidatonya pada Jumat, yang merupakan pidato kedelapan Trump di hadapan massa NRA, ia mendesak para pendukungnya untuk "membanjiri" jajak pendapat pada bulan November, sebuah pengakuan bahwa ia memerlukan kondisi medan pertempuran yang ia kalahkan pada tahun 2020 jika ia ingin merebut kembali Gedung Putih.



Menjelang pidato Trump, Komite Nasional Partai Demokrat memasang papan iklan di Harrisburg mengacu pada komentar yang dibuat Trump setelah penembakan di sebuah sekolah di Iowa pada bulan Januari, ketika ia menyatakan belasungkawa sebelum mengatakan kepada para pendukungnya bahwa mereka harus "mengatasinya," dan perlu "untuk melupakannya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)