Warga Gaza Kini Terpaksa Makan Rumput karena Kelaparan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:10 WIB
loading...
Warga Gaza Kini Terpaksa Makan Rumput karena Kelaparan
Anak-anak antre makanan di Rafah, Jalur Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Warga Palestina yang terjebak di Jalur Gaza yang terkepung dan dibombardir secara besar-besaran terpaksa memakan rumput karena kelaparan.

Israel terus menghambat pengiriman bantuan kepada warga sipil di wilayah tersebut, menurut peringatan ActionAid.

Selain situasi kemanusiaan dan kurangnya makanan, air dan perawatan medis, penduduk yang telah beberapa kali mengungsi sejak 7 Oktober, kini berisiko terpaksa keluar dari tempat penampungan mereka lagi karena Israel tampaknya akan memperluas serangan daratnya ke kota Rafah.

Kota paling selatan Gaza itu telah menjadi tempat mengungsi lebih dari 1,4 juta warga Palestina yang kini tinggal di tenda-tenda darurat.

Di tengah kekhawatiran akan terjadinya invasi darat di Rafah, ActionAid memperingatkan setiap peningkatan serangan terhadap wilayah tersebut, yang sekarang menjadi rumah bagi lebih dari separuh penduduk Gaza, akan menimbulkan konsekuensi yang sangat buruk.

“Tidak ada tempat lagi bagi warga Gaza untuk mengungsi. Lebih dari 85% dari 2,3 juta penduduknya terpaksa meninggalkan rumah mereka selama empat bulan terakhir, dan banyak di antaranya yang terpaksa mengungsi berkali-kali,” papar pernyataan ActionAid.

ActionAid menjelaskan, “Gelombang besar orang yang tiba di Rafah telah memberikan tekanan besar pada infrastruktur dan sumber daya, namun ribuan orang terus berdatangan.”



Kepadatan penduduk sangat ekstrem, ruang yang tersedia hanya dapat digunakan untuk tenda, beberapa di antaranya dapat menampung hingga 12 orang.

Ribuan orang hidup berdesakan di tempat penampungan yang semakin tidak sehat, di mana ratusan orang berbagi satu toilet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)