Beredar Ratusan Video Tentara Israel Bersorak saat Hancurkan Rumah-rumah Gaza

Kamis, 08 Februari 2024 - 11:46 WIB
loading...
Beredar Ratusan Video Tentara Israel Bersorak saat Hancurkan Rumah-rumah Gaza
Banyak video yang sengaja disebarkan tentara Israel menunjukkan pasukan Zionis bersorak saat menghancurkan rumah-rumah warga Palestina di Gaza. Foto/via New York Times
A A A
GAZA - Ratusan video yang sengaja direkam dan dibagikan oleh tentara Israel di Gaza menunjukkan pasukan Zionis bersorak saat menghancurkan rumah-rumah warga Palestina di Gaza.

Para tentara juga menghina para korban Palestina. Beredarnya ratusan video itu merupakan temuan riset yang dilakukan oleh New York Times.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) bergegas menjauhkan diri dari keterlibatan konten tersebut, yang beberapa di antaranya melanggar kode etik militer mereka.

New York Times, dalam laporannya, Kamis (8/2/2024), mengatakan pihaknya telah meninjau ratusan video, termasuk lebih dari 50 klip pasukan teknik Israel menggunakan buldoser, ekskavator, dan bahan peledak untuk menghancurkan rumah, sekolah, dan bangunan sipil lainnya.



Beberapa rekaman video menunjukkan tentara merusak toko-toko lokal dan ruang kelas sekolah dan membuat komentar yang menghina warga Palestina.

Dalam salah satu video yang diunggah ke TikTok, terlihat seorang tentara mengacungkan jempol saat mengemudikan buldoser di utara Gaza.

Judul yang menyertai klip tersebut dilaporkan berbunyi, “Saya berhenti menghitung berapa banyak lingkungan yang telah saya hapus.”

Klip lain menunjukkan seorang tentara IDF menyatakan bahwa lingkungan Shujaiyya di Gaza telah hilang ketika kameranya melewati puing-puing di kejauhan.

Tentara pria tersebut juga terdengar berkata, “Nahal Oz, dengan pertolongan Tuhan Anda akan mendapatkan ini,” tampaknya dia mendedikasikan penghancurannya untuk sebuah kibbutz Israel di dekatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)