Siapakah Naji al-Ali? Pencipta Handala yang Menginspirasi Pejuang Palestina, tapi Ditembak Orang Tak Dikenal

Rabu, 07 Februari 2024 - 18:35 WIB
loading...
Siapakah Naji al-Ali? Pencipta Handala yang Menginspirasi Pejuang Palestina, tapi Ditembak Orang Tak Dikenal
Naji al-Ali, pencipta Handala yang ,enginspirasi pejuang Palestina. Foto/DaysofPalestine
A A A
GAZA - Seorang aktivis dan kartunis Palestina yang karyanya dihormati di seluruh wilayah Arab karena keberanian, keterbukaan, dan kemanusiaannya, Naji al-Ali merupakan salah satu seniman Arab paling berpengaruh di pertengahan abad kedua puluh.

Pada tahun 1969, al-Ali menggambar kartun seorang anak laki-laki yang hidup hingga menjadi hati nurani Palestina. Namun, ia dibunuh pada tahun 1987, namun karyanya masih bertahan hingga saat ini sebagai simbol perjuangan Palestina.

Siapakah Naji al-Ali? Pencipta Handala yang Ditembak Orang Tak Dikenal

1. Terpaksa Meninggalkan Palestina karena Nakba

Siapakah Naji al-Ali? Pencipta Handala yang Menginspirasi Pejuang Palestina, tapi Ditembak Orang Tak Dikenal

Foto/egyptianstreets

Melansir egyptianstreets, Al-Ali lahir pada tahun 1938 di desa al-Sharja di Palestina, salah satu dari 480 desa yang kemudian dihancurkan dalam Nakba (bencana) yang terjadi pada tahun 1948 untuk mendirikan negara Israel.

Pada usia sepuluh tahun – pada tahun 1948 – al-Ali termasuk di antara 750.000 warga Palestina yang terpaksa meninggalkan desa dan kampung halaman mereka. Keluarganya melarikan diri ke Lebanon selatan ke kamp pengungsi Ayn al-Hilwa, tempat bakat seninya muncul.

Saat ini, tidak ada jejak desa al-Sharja yang tersisa, karena digantikan oleh pemukiman Israel bernama Ilaniya.


2. Aktif dalam Dunia Politik

Pada tahun 1960, al-Ali sempat mendaftar di Akademi Seni Rupa Lebanon, sampai ia ditahan dan dipenjarakan oleh Biro Deuxième (dinas intelijen Lebanon) karena aktivitas politiknya di kamp pengungsi Palestina. Gambar pertamanya dipajang di dinding penjara di Lebanon – sebuah bentuk ekspresi politik.

Penulis dan jurnalis Palestina Ghassan Kanfani adalah orang pertama yang menerbitkan gambar al-Ali di majalah al-Hurriyya pada tahun 1962. Sejak saat itu, gambarnya sesekali muncul di majalah tersebut.

3. Pernah Bekerja di Media Massa

Siapakah Naji al-Ali? Pencipta Handala yang Menginspirasi Pejuang Palestina, tapi Ditembak Orang Tak Dikenal

Foto/egyptianstreets

Ia kemudian bekerja sebagai jurnalis di beberapa surat kabar, termasuk Al-Safir di Lebanon dan Al-Tali'a dan Al-Siyasa di Kuwait.

Karya kartunis tersebut dengan cepat dikenal, dan dari tahun 1963 hingga pembunuhannya, karya seninya ditampilkan di surat kabar di seluruh Timur Tengah.

4. Menciptakan Handala sebagai Bentuk Simbol Perlawanan

Melansir egyptianstreets, karya Al-Ali yang paling terkenal adalah Handala, seorang anak pengungsi yang selalu muncul dengan punggung menghadap dan tangan terkepal. Anak-anak dalam gambarnya bertelanjang kaki, seperti kebanyakan anak-anak di kamp pengungsi, dan tangan di belakang punggung merupakan simbol penolakan – protes terhadap keterlibatan dunia dalam pendudukan Palestina.

“Karakter Handala adalah semacam ikon yang melindungi jiwa saya dari kejatuhan setiap kali saya merasa lesu atau mengabaikan tugas saya,” kata al-Ali kepada novelis Mesir Radwa Ashour dalam percakapan di bukunya, A Child in Palestine: The Cartoons dari Naji al-Ali (2009).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)