Intip Kekuatan Militer Belarusia, Sekutu Dekat Rusia yang Setia

Rabu, 07 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Intip Kekuatan Militer Belarusia, Sekutu Dekat Rusia yang Setia
Belarusia merupakan sekutu dekat Rusia yang setia dengan kekuatan militer yang disegani. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kekuatan militer Belarusia menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Baru-baru ini, negara tersebut dikatakan telah bergabung dengan kelompok kekuatan nuklir oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ungkapan Putin tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini mengacu pada kesuksesan Minsk dalam pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertamanya yang dibangun oleh perusahaan Rosatom.

Belarusia merupakan sebuah negara terkurung daratan di Eropa Timur. Mereka dikenal sebagai salah satu sekutu terdekat Rusia dan hampir selalu mendukungnya dalam kondisi apa pun.

Lebih jauh, seperti apakah kekuatan militer dari Belarusia ini? Simak ulasannya berikut sebagaimana dihimpun dari data Global Fire Power (GFP) 2024.

Kekuatan Militer Belarusia

1. Peringkat Militer

Data Global Fire Power (GFP) 2024 menempatkan Belarusia pada peringkat ke-64 dari 145 negara. Skornya adalah 1,0901 (sempurna: 0,000).

Posisi Belarusia ini membuatnya mengungguli sejumlah negara Eropa lain. Di antaranya seperti Kroasia (66), Slovakia (69), Belgia (70), Georgia (84) dan lainnya.


2. Anggaran Pertahanan

Anggaran pertahanan menjadi salah satu komponen penting bagi sebuah negara. Dalam hal ini, Belarusia memiliki angka sekitar USD903,9 juta.

Jika dibandingkan dengan sekutu dekatnya, Rusia, angka tersebut terpaut cukup jauh. Menurut data GFP 2024, Moskow memiliki anggaran pertahanan mencapai USD109 miliar dan menjadikannya sebagai angka terbesar ketiga di dunia.

3. Jumlah Tentara

Belarusia diperkirakan memiliki populasi mencapai lebih dari 9,3 juta jiwa. Dari angka tersebut, mereka punya tentara mencapai 263.000.

Jumlah tersebut terdiri atas tentara aktif, personel cadangan hingga pasukan paramiliter. Masing-masing angkanya adalah 63 ribu tentara aktif, 145 ribu personel cadangan, dan 55 ribu pasukan paramiliter.

4. Persenjataan Darat

Salah satu kekuatan terbesar dari militer Belarusia terletak pada sektor Angkatan Darat. Para tentaranya juga didukung berbagai persenjataan mumpuni.

Belarusia memiliki setidaknya 517 tank, 6.700 kendaraan lapis baja, hingga ratusan artileri yang terbagi menjadi beberapa jenis berbeda. Masing-masing adalah 369 self-propelled artillery, 170 towed artillery, dan 206 MLRS.

5. Persenjataan Udara

Pada sektor udara, Belarusia juga memiliki beragam persenjataan untuk mengamankan wilayahnya. Salah satu yang paling banyak adalah pesawat tempur dengan jumlah 37 unit.

Selain itu, masih ada beberapa persenjataan lain yang dimiliki Angkatan Udara Belarusia. Sebut saja seperti 51 pesawat penyerang, 27 pesawat latih, 4 pesawat angkut, dan 89 helikopter.

Demikianlah ulasan mengenai kekuatan militer Belarusia yang bisa diketahui.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)