Afghanistan Tawarkan Gencatan Senjata Setahun Penuh pada Taliban

Rabu, 20 Juni 2018 - 16:23 WIB
Afghanistan Tawarkan Gencatan Senjata Setahun Penuh pada Taliban
Afghanistan Tawarkan Gencatan Senjata Setahun Penuh pada Taliban
A A A
KABUL - Presiden Afghanistan, Mohammad Ashraf Ghani di depan para peserta sebuah aksi damai di Kabul mengatakan bahwa pemerintah Afghanistan bersedia memperpanjang gencatan senjata dengan Taliban selama satu tahun, jika mereka setuju pada pembicaraan damai.

Aktivis yang bergabung dengan aksi damai itu mencapai Kabul pada Minggu malam, setelah menempuh jarak sekitar 700 kilometer dengan berjalan kaki dari provinsi Helmand ke Kabul, untuk mendesak pihak yang berperang untuk mengakhiri pertumpahan darah.

Menyambut para peserta aksi, Ghani dengan hangat merangkul mereka yang kebanyakan adalah petani dan berterima kasih kepada mereka karena mengangkat suara orang-orang dalam perjuangan damai mereka.

"Saya siap untuk duduk bersama mereka (pemimpin Taliban) di padang pasir, di pegunungan, di masjid, di mana pun mereka mau," kata Ghani, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (20/6).

Dia kemudian menyerukan kepadapemimpin Taliban yang dia sebut sebagai Mawlawi atau pakar agama, Hibatullah Akhundzada dan mengundang pemimpin pemberontak untuk datang dan menemuinya.

"Pemerintah dapat memperpanjang gencatan senjata selama setahun lamanya," tukas Ghani dalam pernyataannya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5150 seconds (0.1#10.140)