Kapal Induk Inggris Gagal Pimpin Latihan Perang Besar-besaran NATO karena Bermasalah

Senin, 05 Februari 2024 - 11:32 WIB
loading...
Kapal Induk Inggris Gagal Pimpin Latihan Perang Besar-besaran NATO karena Bermasalah
Kapal induk HMS Queen Elizabeth Inggris gagal pimpin latihan perang besar-besaran NATO karena bermasalah pada poros baling-balingnya. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Kapal induk HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Kerajaan Inggris semestinya memimpin latihan perang besar-besaran NATO.

Alih-alih memimpin, kapal militer raksasa itu justru melewatkan manuver tersebut karena mengalami masalah pada salah satu poros baling-balingnya.

Perkembangan tersebut diumumkan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada hari Minggu, di mana kapal induk saudara dari HMS Queen Elizabeth; HMS Prince of Wales, akan mengambil bagian dalam latihan perang NATO.

Masalah itu ditemukan selama pemeriksaan pra-layar terakhir, di mana HMS Queen Elizabeth—kapal militer terbesar Inggris—kemudian dinilai tidak layak untuk mengambil bagian dalam latihan perang tersebut.



“Pemeriksaan rutin sebelum pelayaran kemarin mengidentifikasi masalah pada kopling di poros baling-baling kanan HMS Queen Elizabeth. Oleh karena itu, kapal tersebut tidak akan berlayar pada hari Minggu,” kata Wakil Komandan Armada Inggris Laksamana Andrew Burns dalam sebuah pernyataan.

“HMS Prince of Wales akan menggantikannya dalam tugas NATO dan akan berlayar untuk Exercise Steadfast Defender sesegera mungkin,” lanjut dia, seperti dikutip RT, Senin (5/2/2024).

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris menguraikan lebih lanjut masalah ini, dan menegaskan bahwa masalah yang dialami HMS Queen Elizabeth terpisah dan tidak terkait dengan masalah teknis yang terjadi sebelumnya pada kapal kembarnya.

HMS Prince of Wales, yang ditugaskan pada akhir tahun 2019, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memperbaiki berbagai masalah, termasuk setidaknya dua lantai. Yang kedua ternyata cukup besar, membuat kapal tersebut tidak bisa digunakan selama sekitar enam bulan.

HMS Queen Elizabeth juga mengalami berbagai macam masalah teknis selama bertugas, termasuk pada baling-balingnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)