alexametrics

Korut-Korsel Pastikan Usung Satu Bendera di Asian Games Jakarta

loading...
Korut-Korsel Pastikan Usung Satu Bendera di Asian Games Jakarta
Korsel dan Korut dalam pernyataan bersama menuturkan mereka akan berjalan di bawah satu bendera dalam pawai pembukaan Asian Games Indonesia Agustus mendatang. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) dalam pernyataan bersama menuturkan bahwa mereka akan berjalan di bawah satu bendera, yakni bendera Unifikasi dalam pawai saat pembukaan Asian Games Jakarta dan Palembang Agustus mendatang.

"Kami sepakat untuk berbaris bersama di bawah bendera semenanjung bersatu dan membentuk tim gabungan untuk bersaing di Asian Games berikutnya," kata kedua Korea dalam pernyataan bersama.

Melansir Reuters pada Senin (18/6), keputusan untuk berjalan di bawah satu bendera itu dicapai saat terjadi pembicaraan antara pejabat tinggi kedua negara yang berlangsung di desa perbatasan kedua negara.

Ini akan menjadi kali pertama Korut dan Korsel berjalan di bawah satu bendera dalam dua kesempatan pada tahun yang sama. Sebelumnya, kedua Korea berjalan di bawah bendera Unifikasi pada saat pegaralan Olimpiade musin dingin Korsel.

Kesepakatan itu dilakukan di tengah berbagai pembicaraan sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan rekonsiliasi, termasuk membuka hotline militer dan menggelar reuni keluarga yang terpisah akibat perang Korea.

Dalam pertemuan itu, kedua Korea juga sepakat untuk menggelar acara olaharga bersama, termasuk pertandingan persahabatan yang akan digelar di Pyongyang. Keduanya juga sepakat untuk membentuk tim gabungan yang akan bertanding di Asian Games, tapi tidak menjelaskan dalam cabang olahraga apa.

"Pertandingan bola basket akan berlangsung di Pyongyang bulan depan dan pertandingan lain akan diadakan di Seoul akhir tahun ini. Kami sepakat untuk mempromosikan kerja sama dan pertukaran olahraga termasuk pelatihan dan pertandingan gabungan," ungkapnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak