Biden Sudah Putuskan Tindakan Balasan atas Serangan di Yordania, Seperti Apa?

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:52 WIB
loading...
A A A
Namun, kematian tentara dalam serangan pesawat tak berawak di Yordania telah menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut di wilayah tersebut.

“Saya menganggap mereka bertanggung jawab, dalam artian mereka memasok senjata kepada pelakunya,” jawab Biden ketika ditanya apakah Iran berada di balik serangan pesawat tak berawak itu.

“Sangat mungkin bahwa apa yang akan Anda lihat adalah pendekatan berjenjang di sini, bukan hanya satu tindakan tetapi berpotensi beberapa tindakan,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby kepada wartawan di atas pesawat Air Force One, seperti dikutip AFP.

Kataib Hizbullah, sebuah kelompok milisi Irak yang menurut para ahli memiliki hubungan erat dengan Iran dan Korps Garda Revolusi (IRGC), pada hari Selasa mengumumkan penghentian semua operasi militer terhadap pasukan Amerika. Kelompok ini juga merupakan bagian dari Perlawanan Islam di Irak.

Sekitar 2.500 tentara Amerika di Irak dan 900 di Suriah memimpin koalisi internasional melalui Operasi Inherent Resolve yang telah membantu pasukan Kurdi, Irak, dan lokal Suriah dalam perang melawan Negara Islam (ISIS), yang pernah menguasai sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah. Suriah tetapi dinyatakan dikalahkan secara teritorial pada tahun 2019.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)