Perbandingan Kekuatan Militer Yaman dan AS, Bak Langit dan Bumi

Selasa, 30 Januari 2024 - 14:43 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Yaman dan AS, Bak Langit dan Bumi
Kekuatan militer Amerika Serikat uggul jauh dibandingkan kekuatan militer Yaman. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) sedang berseteru dengan Houthi, kelompok milisi yang mengeklaim sebagai pemerintah sah Yaman setelah perang saudara.

AS dan koalisi internasional yang dipimpinnya telah menyerang basis-basis Houthi di Yaman sebagai respons atas serangan rudal dan drone kelompok itu terhadap kapal-kapal dagang internasional di Laut Merah.

Houthi mengatakan aksinya menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina yang dibombardir militer Zionis di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Sekadar diketahui, ada dua kubu besar di Yaman yang sama-sama mengeklaim sebagai pemerintah yang sah sejak perang saudara pecah beberapa tahun lalu.

Pertama, kubu Rashad Mohammed Al-Alimi. Dia adalah Ketua Dewan Kepemimpinan Presidensial (Presidential Leadership Council, PLC) yang dibentuk pada April 2022 oleh mantan Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi. PLC diakui oleh masyarakat internasional dan didukung oleh Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi. Al-Alimi diserahi tanggung jawab untuk memimpin negosiasi damai dengan kelompok Houthi.

Kedua, kubu Mahdi al-Mashat. Dia adalah Ketua Dewan Politik Tertinggi (Supreme Political Council) yang dibentuk oleh kelompok Houthi. Kelompok Houthi menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota; Sanaa, dan tidak mengakui otoritas PLC. Al-Mashat hanya diakui oleh Iran.

Terlepas dari siapa yang berkuasa atas Yaman, kekuatan militer di negara itu sejatinya cukup lemah. Terlebih jika dibandingkan dengan kekuatan militer AS, ibarat langit dan bumi.

Perbandingan Kekuatan Militer Yaman dan AS

1. Peringkat Militer


Kekuatan militer Yaman jauh berada di bawah Amerika Serikat. Memiliki skor 1,4692, Sanaa berada di urutan ke-81 dari 145 negara yang masuk pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024.

Sedangkan kekuatan militer Amerika Serikat bertengger di peringkat teratas. Menurut GFP, Amerika memiliki skor indeks kekuatan 0,0699.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)