Modi: India dan Indonesia Adalah Dua Saudara Dekat

Rabu, 30 Mei 2018 - 21:12 WIB
Modi: India dan Indonesia Adalah Dua Saudara Dekat
Modi: India dan Indonesia Adalah Dua Saudara Dekat
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri India, Narendra Modi menyebut India dan Indonesia seperti dua saudara dekat. Dia menyatakan, kedua negara memiliki banyak sekali persamaan dalam berbagai hal.

Berbicara saat menyampaikan pidato di depan komunitas India di Jakarta, Modi menyatakan, kedua negara adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia. India memiliki penduduk mencapai 1,2 miliar orang, sedangkan Indonesia lebih dari 200 juta jiwa.

"India adalah negara demokrasi terbesar di dunia, sama seperti Indonesia, India juga memiliki akar kuat dalam demokrasi. Ini adalah alasan 1,2 miliar orang telah menjadikan saya sebagai Perdana Menteri, sama seperti warga Indonesia memilih Presiden Joko Widodo sebagai Presien mereka," ucap Modi pada Rabu (30/5).

Modi kemudian mengatakan, India dan Indonesia adalah dua negara yang bangga dengan keberagaman yang dimiliki. Dia memberi contoh seperti Bali-Jatra, dan persamaan dalam masakan dan bahasa untuk menyoroti hubungan budaya yang erat antara kedua negara.

"Indonesia juga memiliki hubungan sudah lama terbangun dengan Gujarat. Ketika saya menjabat sebagai Menteri Besar Gujrat, banyak Muslim tinggal di wilayah mereka menetap di sini, di Indonesia dan membawa budaya Gujrat (ke Indonesia)," ungkapnya.

"Hari ini juga banyak bahasa umum yang digunakan di India dan Indonesia, seperti Rupiah dan Ruppe. Jika kita susun sebuah daftar, maka kita akan membangun sebuah kamus. Hal ini wajar, karena jarak diantara kedua negara tidaklah jauh," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3996 seconds (0.1#10.140)