Mengapa India Memilih Menjauhi Rusia, tapi Berhati-hati dengan China?

Minggu, 28 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membuat dorongan terbaru untuk lebih banyak kesepakatan pertahanan dengan India pada 27 Desember, selama konferensi pers bersama, membuka hubungan baru dengan Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar yang sedang mengunjungi Moskow.

Lavrov mengatakan dia berdiskusi dengan Jaishankar mengenai prospek kerja sama militer dan teknis, termasuk produksi senjata bersama, dan menambahkan bahwa Rusia juga siap mendukung tujuan India untuk meningkatkan produksi dalam negeri.

Belum ada kemajuan dalam kesepakatan tahun 2015, yang membuka peluang baru bagi kedua negara untuk bersama-sama membuat helikopter Kamov Ka-226T di India, dengan 200 unit akan digunakan untuk pasukan pertahanan India.

Sebaliknya, pada tahun 2022, India mulai meluncurkan helikopter tempur yang dibuat oleh Hindustan Aeronautics Ltd (HIAE.NS) yang dikelola negara, membuka tab baru.

Persenjataan, mulai dari tank buatan Soviet atau Rusia hingga kapal induk dan sistem rudal permukaan-ke-udara, mencakup lebih dari 60% perangkat keras militer India.

New Delhi akan membutuhkan suku cadang Rusia untuk pemeliharaan dan perbaikan selama hampir dua dekade.

Mereka bersama-sama membuat rudal jelajah BrahMos dan berencana memproduksi senapan AK-203 di India.

Namun kendala yang ada termasuk komentar Angkatan Udara India tahun lalu bahwa Rusia tidak mampu memenuhi komitmennya dalam pengiriman platform utama yang tidak diidentifikasinya.

Dan ada penundaan lebih dari satu tahun dalam pengiriman suku cadang sistem pertahanan udara yang dibeli India pada tahun 2018 seharga $5,5 miliar ke Rusia, kata dua pejabat militer India.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)