Negara NATO Ini Tolak Seruan Jenderal Inggris untuk Bersiap Perang Melawan Rusia

Minggu, 28 Januari 2024 - 07:20 WIB
loading...
Negara NATO Ini Tolak Seruan Jenderal Inggris untuk Bersiap Perang Melawan Rusia
Rumania, salah satu negara NATO, telah menolak seruan jenderal Inggris untuk bersiap perang melawan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
BUCHAREST - Rumania, salah satu negara anggota NATO, menolak seruan seorang jenderal Inggris untuk bersiap mengangkat senjata melawan Rusia dalam sebuah perang hipotetis.

Kepala Staf Angkatan Darat Inggris Jenderal Patrick Sanders mengatakan warga negara NATO harus bersiap untuk kemungkinan perang melawan Moskow.

Sanders, yang secara konsisten menyerukan perluasan angkatan bersenjata Inggris, mengatakan dalam pidatonya pada hari Rabu lalu bahwa konflik Moskow dengan Kyiv telah menunjukkan bahwa “tentara warga” seringkali dapat membuat perbedaan di medan perang.



Dia menambahkan bahwa militer Inggris saat ini tidak mampu menangani ancaman dalam lanskap geopolitik modern.

“Teman-teman kita di Eropa Timur dan Utara, yang semakin merasakan ancaman Rusia, sudah bertindak hati-hati, meletakkan dasar bagi mobilisasi nasional,” kata Sanders.

Penolakan Rumania atas seruan jenderal Inggris itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Marcel Ciolacu.

“Tidak perlu bersiap untuk perang,” katanya, seperti dikutip dari RT, Minggu (28/1/2024). Dia menepis kekhawatiran bahwa perang Rusia-Ukraina akan menyebar ke seluruh Eropa.

Angkatan Darat Inggris memiliki sekitar 75.000 personel aktif yang terlatih penuh, menurut angka pemerintah yang dirilis tahun lalu. Sekitar 60.000 personel lainnya bertugas di Angkatan Laut dan Angkatan Udara Inggris.

London membelanjakan sekitar 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahunannya untuk militer. Meskipun negara itu telah menyatakan niatnya untuk meningkatkan jumlah tersebut menjadi 2,5 persen, Sanders telah menyerukan kepada militer untuk meningkatkan jumlah mereka menjadi 120.000 anggota aktif—totalnya dia mengeklaim “tidak cukup.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)