Jam Astronomi Tertua di Dunia Masih Terus Berdetak di Jantung Kota Praha

Sabtu, 27 Januari 2024 - 17:40 WIB
loading...
Jam Astronomi Tertua di Dunia Masih Terus Berdetak di Jantung Kota Praha
Jam astronomi tertua di dunia masih beroperasi di Ceko. Foto/Anadolu
A A A
PRAHA - Di jantung kota Praha, jam astronomi tertua di dunia yang masih berfungsi terus menarik pengunjung dari berbagai penjuru.

Mesin abad pertengahan berusia lebih dari 600 tahun ini adalah salah satu landmark paling terkenal di ibu kota Ceko , yang juga merupakan rumah bagi situs bersejarah seperti Katedral St. Vitus dan Kastil Praha.

Melansir Anadolu, dipasang pada tahun 1410 pada Zaman Keemasan Bohemia, jam yang juga dikenal sebagai Orloj ini merupakan jam astronomi tertua ketiga di dunia dan jam tertua yang masih berfungsi.

Pengunjung Alun-Alun Kota Tua akan merasakan pengalaman ketika jam berdentang, mulai pukul 09.00 hingga 23.00, saat prosesi Dua Belas Rasul mulai berjalan.

Jam tersebur memiliki bagian-bagian yang berbeda, termasuk kalender dan meja astronomi atau mekanisme Dua Belas Rasul, dan menunjukkan posisi relatif konstelasi Matahari, Bulan, Bumi, dan Zodiak.



Pada tahun 2015, Orloj dianugerahi Google Doodle untuk ulang tahunnya yang ke-605, yang menggambarkannya sebagai “pencapaian luar biasa dalam bidang teknik abad pertengahan dan landmark budaya.”

Meskipun sebagian rusak dalam berbagai kesempatan, termasuk selama Pemberontakan Praha tahun 1945, sebagian besar mesin aslinya masih utuh.

Pada tahun 2022, terdapat kontroversi mengenai restorasi yang mendorong penyelidikan resmi oleh Kementerian Kebudayaan Ceko, dengan pengaduan yang menyatakan bahwa terdapat banyak kesalahan.

Hasnat, seorang pemandu wisata, berbicara kepada Anadolu tentang pentingnya Orloj, dan mengatakan bahwa Orloj sering kali menjadi perhentian pertama bagi pengunjung ke Praha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)