Para Ilmuwan Pertanyakan Kemujaraban Vaksin Covid-19 Rusia

Rabu, 12 Agustus 2020 - 02:46 WIB
loading...
A A A
Semua diharapkan untuk mempublikasikan hasil uji coba dan data keamanan mereka serta menyerahkannya kepada regulator di Amerika Serikat, Eropa dan tempat lain untuk pemeriksaan sebelum lisensi dapat diberikan.

Persetujuan vaksin oleh Kementerian Kesehatan Rusia dilakukan sebelum uji coba yang biasanya melibatkan ribuan peserta, umumnya dikenal sebagai uji coba Fase III. Uji coba semacam itu biasanya dianggap sebagai prekursor penting bagi vaksin untuk mendapatkan persetujuan regulasi.

Peter Kremsner, pakar di Rumah Sakit Universitas Jerman di Tuebingen yang sedang mengerjakan uji klinis kandidat vaksin dari CureVac, mengatakan langkah Rusia itu "sembrono".

“Biasanya Anda membutuhkan banyak orang untuk diuji sebelum Anda menyetujui suatu vaksin,” katanya.

“Saya pikir itu sembrono untuk melakukan itu jika banyak orang belum pernah diuji,” imbuhnya.

Para ahli mengatakan kurangnya data yang dipublikasikan tentang vaksin Rusia - termasuk bagaimana pembuatannya dan perincian tentang keamanan, tanggapan kekebalan dan apakah itu dapat mencegah infeksi Covid-19 - membuat para ilmuwan, otoritas kesehatan, dan masyarakat tidak tahu apa-apa.

"Tidak mungkin mengetahui apakah vaksin Rusia telah terbukti efektif tanpa menyerahkan makalah ilmiah untuk dianalisis," kata Keith Neal, seorang spesialis dalam epidemiologi penyakit menular di Universitas Nottingham Inggris.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)