8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Minggu, 21 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire
Politikus anti-Trump bersatu pada pemilu pendahuluan di New Hampshire. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Perhentian berikutnya dalam kalender utama Partai Republik – dikenal sebagai Negara Bagian Granit, dinamai berdasarkan nama batu yang memunculkan beberapa puncak dan pegunungan terkuat di sana.

Namun, bagi mantan utusan PBB Nikki Haley, Negara Granit bisa menjadi batu sandungan bagi ambisi presidennya. Demikian juga dengan Ron DeSantis juga akan berjuang keras di New Hampshire.

Terletak di New England yang tertutup salju, sebuah wilayah di timur laut Amerika Serikat, New Hampshire menawarkan kesempatan unik bagi Haley. Para pemilih konservatif di negara bagian tersebut cenderung lebih moderat, sehingga pemilihan pendahuluan di negara bagian tersebut pada tanggal 23 Januari menjadi penanda bagi pesaingnya dari Partai Republik, Donald Trump.

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

1. Haley Memiliki Potensi Menang di New Hampshire

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Haley berpotensi meraih kemenangan besar di New Hampshire: Sebuah survei yang dirilis pada hari Selasa oleh American Research Group menunjukkan bahwa dia mendapat 33 persen dukungan dari para pemilih Partai Republik di negara bagian tersebut, tepat di belakang Trump yang memperoleh 37 persen.

Kemenangan di negara bagian tersebut dapat memberi kampanyenya validasi yang selama ini dicarinya, dan menunjukkan bahwa mantan utusan PBB tersebut memang bisa menjadi pesaing serius melawan Trump.

“Haley benar-benar harus menang atau sangat dekat dengan Trump, mengingat ekspektasi yang telah dia bangun,” kata Henry Olsen, peneliti senior di Pusat Etika dan Kebijakan Publik, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington, dilansir Al Jazeera.

“Jika dia tidak mendapatkan satu digit pun, idealnya dalam lima poin, kampanyenya sudah berakhir.”


2. Penentu Masa Depan Politik Haley

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

James Davis, ahli strategi Partai Republik dan pendiri perusahaan pemasaran Touchdown Strategies, menambahkan bahwa prospek Haley dalam pemilihan presiden tahun 2024 bergantung pada pemilihan pendahuluan pada hari Selasa.

“Sangat dekat baginya untuk meraih kemenangan di New Hampshire – dan itulah yang harus dia lakukan.”

3. Karakteristik Pendukung Republik yang Berbeda

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Bahkan kemenangan di New Hampshire masih berarti perjuangan berat melawan Trump, yang terus mengalahkan Haley dan pesaingnya dari Partai Republik Ron DeSantis dalam jajak pendapat nasional.

Kepemimpinan Trump yang tinggi terkonfirmasi dalam kaukus Iowa, yang merupakan acara pertama dalam musim pemilihan pendahuluan dan kaukus yang pada akhirnya akan menentukan kandidat mana yang akan menerima nominasi calon presiden dari Partai Republik.

Bahkan sebelum kaukus Iowa ditutup, media telah mengonfirmasi bahwa Trump akan menang, sehingga mencetak rekor margin kemenangannya dengan 51 persen suara. Dalam apa yang disebut “perlombaan untuk posisi kedua”, Haley menerima 19 persen dukungan, di belakang Gubernur Florida DeSantis, yang memperoleh 21 persen.

Namun, prospek Haley mungkin tidak serendah yang terlihat. Davis menjelaskan bahwa DeSantis “pada dasarnya mendukung kampanyenya di Iowa”, sementara Haley “berinvestasi sangat sedikit” di negara bagian tersebut.

"Itu berarti keberhasilan Haley dengan DeSantis di Iowa sebenarnya bisa menunjukkan momentum untuk kampanyenya ke depan," kata Davis.

Beberapa faktor lain mungkin memberi dorongan pada Haley saat dia berangkat ke New Hampshire. Robert Boatright, seorang profesor ilmu politik dan pakar pemilu di Clark University, mengatakan elemen yang paling signifikan adalah yang paling sederhana: New Hampshire bukanlah Iowa.

4. Berharap pada Negara Bagian Ungu

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Dianggap sebagai “negara bagian ungu” di wilayah yang didominasi oleh Partai Demokrat, New Hampshire memiliki basis Partai Republik yang menonjol, belum lagi garis libertarian.

Oleh karena itu, pemilihan umum di negara bagian ini menghasilkan beragam tokoh politik: gubernurnya berasal dari Partai Republik, dan badan legislatif negara bagiannya dikuasai oleh Partai Republik, namun perwakilan dan senatornya di Kongres AS semuanya berasal dari Partai Demokrat.

“Pemilih di New Hampshire berbeda dengan pemilih di Iowa dalam beberapa hal penting,” kata Boatright. “Ini adalah negara bagian yang lebih kaya. Ini adalah negara yang kurang religius. Partai Republik di New Hampshire cenderung lebih seperti Partai Republik lama.”

5. Penentu Arah pada Siklus Pemilu

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Hal inilah yang menjadi alasan para pengkritik Trump dari Partai Republik menyebut New Hampshire sebagai penentu arah dalam siklus pemilu kali ini. Salah satu mantan kandidat, mantan Gubernur New Jersey Chris Christie, memfokuskan kampanyenya hampir secara eksklusif pada negara bagian tersebut sebelum menarik diri dari pencalonan Partai Republik pada 10 Januari.

Berbeda dengan Christie, Haley tetap lebih berhati-hati dan kritiknya terhadap Trump, mantan presiden yang memiliki pengikut setia. Dia bertugas di pemerintahannya dari 2017 hingga 2018.

Namun, dia mempertajam serangannya terhadap kedatangan Trump di New Hampshire, dengan sasaran khusus pada usia pria berusia 77 tahun itu dan “kekacauan” kepemimpinannya.

Trump juga mengecam Haley. Dia baru-baru ini melontarkan teori konspirasi bahwa Haley – seorang penduduk asli Carolina Selatan dengan keturunan India – lahir di luar AS, dengan secara keliru menyatakan bahwa dia tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden.

Sementara itu, DeSantis diperkirakan tidak akan menjadi faktor di New Hampshire, karena kampanyenya belum terhubung dengan pemilih. Dia malah lebih fokus pada Carolina Selatan, negara bagian asal Haley, yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan Partai Republik pada akhir Februari.

Format pemungutan suara itu sendiri diharapkan juga menguntungkan Haley. Iowa mengadakan kaukus, di mana anggota partai menghadiri pertemuan di seluruh negara bagian untuk berdebat dan kemudian memilih seorang kandidat.

6. Berbeda dengan Iowa

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Namun di New Hampshire, pemilihan pendahuluan justru diselenggarakan – meminta agar para pemilih hanya memberikan suara, sama seperti yang mereka lakukan pada pemilihan umum.

Olsen, dari Pusat Etika dan Kebijakan Publik, mengatakan hal ini merupakan keuntungan bagi Haley. Biasanya, kaukus hanya “menarik orang-orang yang benar-benar percaya karena komitmen waktu mereka”.

Namun, pada tahap awal, “yang harus Anda lakukan hanyalah hadir dan memberikan waktu Anda mungkin 15 menit, bukan tiga jam. Dan hal ini selalu membantu kandidat yang kurang tertarik pada basis.”

Boatright dan Davis juga mengatakan bahwa rendahnya jumlah pemilih di Iowa menjadikan kaukusnya kurang dapat diandalkan sebagai alat prediksi keberhasilan dalam pemilu Partai Republik. Hanya sekitar 108.000 warga Iowa yang berpartisipasi tahun ini, yang merupakan 14 persen dari anggota Partai Republik yang terdaftar di negara bagian tersebut.

“Penonton kaukus di Iowa belum tentu mewakili seluruh negara bagian atau bahkan pemilih Partai Republik di negara bagian tersebut,” kata Boatright.

Davis menggemakan poin tersebut: “Iowa cenderung lebih sempit dalam hal prosesnya, dibandingkan menjadi raja.”

7. Fokus pada Narasi Dibandingkan Delegasi

8 Gebrakan Politikus Anti-Trump pada Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire

Foto/Reuters

Para ahli mengatakan kontestasi awal pada pemilihan pendahuluan AS cenderung lebih bertujuan membangun narasi dibandingkan memenangkan delegasi, yang pada akhirnya memilih untuk mengukuhkan calon partai tersebut di konvensi nasional.

New Hampshire hanyalah perlombaan utama pertama dalam seri yang mencakup setiap negara bagian di AS. Namun perolehan suara yang kuat di negara bagian ini dapat mempercepat kampanye, mengirimkan sinyal vitalitas sebelum pemungutan suara lainnya.

Namun Boatright mempertanyakan apakah Haley dapat mempertahankan kampanyenya, terutama karena ia menghadapi kemungkinan pemilihan pendahuluan yang lebih ramah terhadap Trump di masa depan.

“Sepertinya masih belum ada cerita yang meyakinkan bahwa dia bisa bersaing secara nasional,” ujarnya.

“Jadi, menurut saya, dia harus melakukannya dengan sangat baik di New Hampshire, untuk mengubah cerita itu.”

8. Trump Masih Tetap Percaya Diri

Sementara itu, kemenangan besar Trump di New Hampshire dapat menambah tekanan pada Haley dan DeSantis untuk keluar dari pencalonan “dan tidak memperpanjang masa jabatannya di partai tersebut”, kata Davis.

Namun, ia mencatat bahwa ada “tanda bintang” besar pada pemilihan pendahuluan tahun ini: usia Trump dan berbagai dakwaan pidana berpotensi menggagalkan kampanyenya.

“Kami memiliki dua kandidat terdepan berusia lanjut yaitu [Presiden Joe] Biden dan Trump, dan kesehatan selalu menjadi pertanyaan,” kata Davis. “Kemudian Trump harus menyelesaikan semua kasus pengadilan yang harus dia selesaikan. Siapa yang tahu di mana semua itu berakhir?”

“Belum pernah ada balapan seperti ini, sehingga segalanya bisa berubah dengan cepat.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)