5 Dampak Pelabelan Teroris bagi Houthi di Yaman oleh AS

Sabtu, 20 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
A A A
AS mulai menetapkan organisasi-organisasi tersebut sebagai FTO pada tahun 1997, sedangkan penetapan SDGT terjadi setelah serangan 11 September pada tahun 2001.

Individu yang berafiliasi dengan FTO secara otomatis dilarang memasuki AS, padahal hal ini tidak berlaku bagi individu yang termasuk dalam daftar SDGT.

Warga negara AS yang memberikan dana kepada FTO dapat dihukum karena melakukan kejahatan jika terbukti bahwa mereka mengetahui bahwa mereka memberikan dana kepada organisasi teroris. Sementara itu, untuk SDGT, standar pembuktiannya lebih tinggi: Agar warga AS dihukum karena melakukan kejahatan, diperlukan bukti bahwa mereka “dengan sengaja” mendanai organisasi teroris.

Warga negara AS yang menjadi korban serangan teroris oleh FTO dapat mengajukan tuntutan hukum terhadap mereka, sedangkan hal ini tidak berlaku untuk SDGTs.

AS dapat melakukan permohonan ekstrateritorial – atau menuntut siapa pun di negara mana pun – dalam kasus FTO. Sementara itu, individu atau badan hanya dapat dituntut karena melanggar sanksi terhadap SDGTs secara sengaja atau tidak sengaja jika perbuatan tersebut terjadi di Amerika Serikat atau dilakukan oleh warga negara Amerika.

Hukuman pidana karena memberikan dukungan materi kepada FTO bisa mencapai hukuman penjara seumur hidup. Dalam kasus SDGTs, ancaman hukumannya hingga 20 tahun penjara.

3. Bantuan Kemanusiaan untuk Yaman Akan Berkurang

5 Dampak Pelabelan Teroris bagi Houthi di Yaman oleh AS

Foto/Reuters

Biden menghapus kelompok Houthi dari dua penunjukan tersebut pada tahun 2021 setelah PBB dan lembaga kemanusiaan lainnya memperingatkan bahwa penunjukan tersebut menghalangi bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan untuk masuk ke Yaman.

Lebih dari separuh penduduk Yaman – 18,2 juta orang – membutuhkan bantuan kemanusiaan, menurut PBB, ketika negara tersebut bergulat dengan kelaparan, pengungsian, dan krisis ekonomi.

"Keputusan ini dapat berdampak pada keluarga biasa yang tinggal di Yaman karena mungkin mempersulit bantuan kemanusiaan untuk menjangkau mereka," kata Afrah Nasser, peneliti non-residen di Arab Center Washington DC, dan sebelumnya bekerja sebagai peneliti Yaman di Human Rights Watch.

4. Tidak Akan Mengekang Houthi

5 Dampak Pelabelan Teroris bagi Houthi di Yaman oleh AS

Foto/Reuters

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa penunjukan kembali tersebut telah diterapkan oleh AS dalam upaya untuk mengekang serangan Houthi di Laut Merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)