Tajirnya Keluarga Sheikh Mohamed bin Zayed: 700 Mobil, Istana 3 Kalinya Pentagon, hingga 8 Jet Pribadi

Jum'at, 19 Januari 2024 - 15:28 WIB
loading...
Tajirnya Keluarga Sheikh Mohamed bin Zayed: 700 Mobil, Istana 3 Kalinya Pentagon, hingga 8 Jet Pribadi
Keluarga Sheikh Mohamed bin Zayed memiliki kekayaan yang luar biasa, termasuk 700 Mobil, istana seukuran 3 kalinya Pentagon, hingga 8 jet pribadi. Foto/via NDTV
A A A
DUBAI - Tajirnya Keluarga Sheikh Mohamed bin Zayed: 700 Mobil, Istana 3 Kalinya Pentagon, hingga 8 Jet Pribadi

Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan adalah Presiden Uni Emirat Arab (UEA). Pemimpin Teluk yang dikenal sebagai MBZ ini dan keluarganya memiliki kekayaan yang luar biasa.

Menurut laporan GQ, Jumat (19/1/2024), keluarga MBZ di Dubai memiliki istana kepresidenan seukuran tiga Pentagon senilai â‚ą4.078 crore, delapan jet pribadi, dan klub sepak bola populer.

Dia mengepalai keluarga dengan memiliki 18 saudara laki-laki dan 11 saudara perempuan. Kerajaan Emirat juga memiliki sembilan anak dan 18 cucu.

Keluarga ini memiliki sekitar enam persen cadangan minyak dunia, klub sepak bola Manchester City, dan memegang saham di beberapa perusahaan terkenal—mulai dari merek kecantikan Fenty milik penyanyi Rihanna hingga Space X milik Elon Musk.

Adik penguasa Abu Dhabi, Sheikh Hamad bin Hamdan al Nahyan, memiliki koleksi lebih dari 700 mobil termasuk SUV terbesar di dunia bersama dengan lima Bugatti Veyron, Lamborghini Reventon, Mercedes-Benz CLK GTR, Ferrari 599XX, dan McLaren MC12.

Keluarga tersebut tinggal di istana kepresidenan Qasr Al-Watan yang berlapis emas di Abu Dhabi, yang terbesar dari beberapa istana yang dimilikinya di UEA.

Tersebar di lahan seluas hampir 94 hektare, istana berkubah besar ini memiliki lampu gantung yang terbuat dari 350.000 kristal dan menyimpan artefak bersejarah yang berharga.

Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, saudara laki-laki sang presiden, mengepalai perusahaan investasi utama keluarga yang nilainya melonjak hampir 28.000 persen dalam lima tahun terakhir.

Perusahaan tersebut, yang saat ini bernilai USD235 miliar, memiliki bisnis pertanian, energi, hiburan, dan maritim serta mempekerjakan puluhan ribu orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)