Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:36 WIB
loading...
Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?
Peran propaganda sangat vital dalam sebuah gerakan massa. Propagandis biasanya menyukai jalan alternatif, mendorong dengan memanfaatkan emosi, mengeksploitasi ketidakstabilan, dan membengkokkan logika. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
DALAM sejarah , peran propaganda sangat vital dalam sebuah gerakan massa. Pelaku propaganda lazim disebut propagandis. Seorang propagandis menyajikan banyak gagasan ke satu atau sedikit orang namun dengan penjelasan terinci dan sistematis.

Propagandis biasanya menyukai jalan alternatif, mendorong dengan memanfaatkan emosi, mengeksploitasi ketidakstabilan, dan membengkokkan logika. Dalam sejarah setidaknya ada 10 tokoh propagandis paling terkenal di dunia. (Baca juga: 10 Pemimpin Dunia Berpengaruh Sepanjang Masa)

1. Joseph Goebbels
Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Mungkin tidak ada manusia dalam sejarah yang mampu menggunakan kekuatan propaganda sesukses apa yang dilakukan kepala propaganda Nazi, Joseph Goebbels. Menteri Propaganda Nazi dari 1933 hingga 945 ini adalah seorang pria yang memiliki kecerdasan dan keterampilan pidato tanpa tanding.

Goebbels secara metodis berhasil mengubah seluruh Jerman menjadi anti-Semit dan anti-Komunis yang militeristik. Dapat dikatakan bahwa tanpa keterampilan Goebbels, Partai Nazi mungkin tidak akan pernah berkuasa di Jerman dan juga sebagian besar Eropa. Dirinya juga telah berhasil mengubah begitu banyak orang Jerman menjadi monster anti Yahudi yang mengerikan. (Baca juga: Hugo Boss, Label Fashion di Balik Seragam Nazi di Medan Perang)

2. Karl Marx
Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Tidak banyak tokoh yang mampu memberi dampak besar pada sejarah dunia di abad 20, dan dari segelintir tokoh itu filsuf dan revolusioner Jerman Karl Marx masuk di dalamnya. Karya erbesarnya, Das Kapital, sukses menjadi fondasi bagi sistem politik — Komunisme —sebuah sistem politik yang pada eranya disebut-sebut sebagai antitesa dari kapitalisme.

Meskipun idenya telah berulang kali terbukti tidak praktis dan tidak bisa dijalankan sebagai ideologi dan maupun sistem ekonomi, namun gagasannya memengaruhi kehidupan lebih dari satu miliar orang di dunia saat ini. Faktanya, sulit membayangkan seperti apa dunia saat ini jika gagasan Marx soal komunisme dan sosialisme tidak muncul.

Dalam beberapa hal justru pemuja kapitalisme banyak mengambil kritik-kritik Marx untuk lebih menyempurnakan sistem kapitalisme. (Baca juga: Ternyata Karl Marx Mengagumi Sosok Nabi Muhammad)

3. Friedrich Nietzsche
Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Mungkin salah satu suara paling berpengaruh pada abad ke-19 adalah milik filsuf Jerman Friedrich Nietzsche. Tulisan-tulisan Nietzsche yang banyak bertemakan agama, moralitas, budaya kontemporer, filsafat, dan sains diakui atau tidak banyak memengaruhi revolusi politik dan sosial besar di dunia pada abad ke-20.

Dia juga seorang ateis yang bersemangat dan amoralis, yang idenya benar-benar bertentangan dengan etika Yahudi / Kristen pada zamannya dan membuat banyak orang pada waktu itu dan sekarang menganggapnya sebagai bapak sekularisme dan bahkan ateisme. (Baca juga: Zlatan Ibrahimovic, Nietzsche, dan Ubermensch)

4. Joseph McCarthy
Sederet Ahli Propaganda Paling Terkenal Sepanjang Masa, Siapa Saja Mereka?

Joseph McCarthy adalah seorang politisi Amerika Serikat yang menjabat sebagai senator Republik dari negara bagian Wisconsin dari 1947 hingga kematiannya pada 1957. Awal tahun 1950, McCarthy menjadi wajah publik yang paling terlihat dari periode di AS di mana ketegangan Perang Dingin memicu kekhawatiran subversi komunis yang meluas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)