Iran Merudal Markas Mossad di Irak, Israel Bungkam, AS Kesal

Selasa, 16 Januari 2024 - 11:48 WIB
loading...
Iran Merudal Markas Mossad di Irak, Israel Bungkam, AS Kesal
Rudal-rudal Iran menghujani sebuah situs di Erbil Irak yang diklaim sebagai markas Mossad Israel. Amerika Serikat mengecam serangan ini, sedangkan Israel bungkam. Foto/Rudaw
A A A
ERBIL - Rudal-rudal Iran telah menghujani situs di Erbil Irak, yang diklaim Teheran sebagai markas mata-mata Mossad Israel, pada hari Senin. Rezim Zionis bungkam, sedangkan Amerika Serikat (AS) mengecam keras.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan mereka telah menyerang markas spionase Israel di wilayah semi-otonom Kurdistan Irak.

Selain itu, lanjut IRGC, serangan rudal juga menghantam pangkalan ISIS di Suriah.



Serangan rudal di Erbil menewaskan empat orang, termasuk seorang miliarder Kurdi bernama Peshraw Dizayee. Serangan ini terjadi di dekat Konsulat Amerika Serikat.

Rezim Zionis Israel maupun badan mata-matanya, Mossad, tidak berkomentar atas serangan rudal Iran di Erbil.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS mengecam keras serangan tersebut, menyebutnya sebagai tindakan sembrono dan merusak stabilitas Irak.

“Kami mendukung upaya pemerintah Irak dan pemerintah daerah Kurdistan untuk memenuhi aspirasi rakyat Irak,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/1/2024).

Dua pejabat AS mengatakan tidak ada fasilitas Amerika yang terkena dampak serangan rudal Iran.

IRGC Iran mengatakan serangannya terhadap markas Mossad di Irak dan pangkalan ISIS di Suriah sebagai pembalasan atas serangan bom baru-baru ini di Iran dan serangan terhadap perwiranya di Suriah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)