Ini Kekuatan Militer Gabungan AS-Inggris-Israel Jika Berkoalisi, Berani Lawan?

Senin, 15 Januari 2024 - 19:19 WIB
loading...
Ini Kekuatan Militer Gabungan AS-Inggris-Israel Jika Berkoalisi, Berani Lawan?
Kekuatan militer gabungan AS, Inggris dan Israel memiliki performa terbaik. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kekuatan militer gabungan antara Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Israel terlihat cukup mengerikan. Baru-baru ini, ketiga negara tersebut dikatakan telah mulai membombardir Yaman guna melumat kelompok Houthi.

Abdulsalam Jahaf selaku juru bicara Houthi menyebut bahwa serangan koalisi negara tersebut sudah melanda sejumlah kota, termasuk Sanaa. Kendati begitu, pihaknya tidak gentar dan bakal segera menanggapinya.

“Sekarang Amerika, Inggris, dan Israel melancarkan serangan ke Hodeidah, Sanaa, Dhamar, dan Saada. Kami akan mendisiplinkan mereka, Insya Allah,” tulis Jahaf di X.

Jika benar-benar menjalin koalisi, seperti apakah gambaran kekuatan gabungan antara militer Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Israel ini?

Kekuatan Militer Gabungan AS, Inggris, dan Israel

1. Jumlah Tentara

Laporan Global Fire Power (GFP) 2024 mencatat Amerika Serikat memiliki jumlah tentara aktif sebanyak 1.328.000. Sedangkan Inggris dan Israel masing-masing adalah 184.860 dan 170.000.

Jika dijumlahkan, koalisi AS-Inggris-Israel bakal memiliki personel aktif sebanyak 1.682.000. Hal ini belum termasuk tentara cadangan yang mencapai lebih dari 2,1 juta personel.


2. Persenjataan Darat

Pada persenjataan darat, koalisi ini akan dibekali banyak jenis senjata seperti tank, kendaraan lapis baja hingga artileri. Dari ketiga negara yang bergabung, sumbangsih terbesar berasal dari Amerika Serikat.

Melihat angkanya, mereka bisa memiliki 6.240 tank dan 430.679 kendaraan lapis baja. Selain itu, ada juga ribuan artileri yang terbagi atas self-propelled, towed artillery, hingga MLRS.

3. Persenjataan Laut

Beralih ke Angkatan Laut, koalisi ini bakal memiliki setidaknya 13 kapal induk. Rinciannya adalah 11 unit dari Amerika Serikat dan 2 dari Inggris.

Kemudian, ada pula jenis lain seperti 9 kapal angkut helikopter, 81 kapal penghancur, 11 fregat, 30 korvet, 79 kapal selam, dan 45 kapal patroli. Secara keseluruhan, AS kembali menjadi penyumbang terbanyak.

4. Persenjataan Udara

Pada sektor udara, koalisi AS-Inggris-Israel dilengkapi 2.206 pesawat tempur dan 964 pesawat penyerang. Lalu, ada juga 1.000 pesawat angkut dan 3.022 pesawat latih.

Kemudian, koalisi militernya juga bakal didukung ratusan pesawat misi khusus hingga 7.259 helikopter. Lagi dan lagi, AS tetap menjadi pemilik terbanyak.

5. Nuklir

Selain beberapa komponen di atas, koalisi AS-Inggris-Israel juga mempunyai senjata nuklir. Namun, posisi Israel sedikit berbeda dari Amerika Serikat dan Inggris karena belum diketahui secara pasti kepemilikannya.

Di sisi Amerika Serikat, laporan Statista 2023 menunjukan bahwa Negeri Paman Sam setidaknya memiliki 5.244 hulu ledak nuklir. Angka ini menjadikannya sebagai salah satu yang paling banyak dan hanya kalah dari Rusia.

Sementara Inggris, mereka diperkirakan memiliki 225 senjata nuklir yang tersedia secara operasional. Namun, ke depannya angka tersebut diprediksi bakal terus bertambah.

Demikianlah ulasan mengenai kekuatan militer gabungan AS-Inggris-Israel apabila berkoalisi.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)