Siapa José Adolfo Macías Villamar? Pemimpin Kartel Narkoba Los Choneros yang Mengguncang Ekuador

Jum'at, 12 Januari 2024 - 18:50 WIB
loading...
A A A
Menurut pihak berwenang, kelompok tersebut mengontrol lalu lintas narkoba melalui pantai Pasifik dan memiliki hubungan dengan kartel Sinaloa di Meksiko, yang telah memberikan layanan keamanan dan logistik selama beberapa dekade.

Los Choneros berasal dari tahun 1990-an, dan polisi mengatakan mereka mendominasi paviliun penjara. Hingga tahun 2020, ketika Rasquiña meninggal, ia mengendalikan kelompok kriminal lainnya. Namun kematian pemimpin awalnya memicu perebutan kekuasaan dengan saingannya seperti Los Tiguerones, Los Lobos dan Los Chonekillers, yang sebelumnya merupakan sekutu.

4. Pernah Hidup Nyaman di Penjara

Siapa José Adolfo Macías Villamar? Pemimpin Kartel Narkoba Los Choneros yang Mengguncang Ekuador

Foto/Reuters

Presiden Ekuador baru-baru ini mempertanyakan hak istimewa Macias di penjara dengan mengatakan bahwa selnya memiliki lebih banyak colokan listrik dibandingkan kamar hotel.

“Mari kita mulai dengan fakta bahwa tidak boleh ada colokan untuk mengisi daya ponsel atau router internet di dalam ponselnya,” kata Noboa.

Pihak berwenang mengatakan Macías suka dilihat dan tidak menyembunyikan hak istimewa yang ia nikmati di penjara, bahkan hampir menentang negara dengan memamerkannya dalam video dan foto di media sosial. Ada mural dengan gambarnya di dalam penjara.

Selama berada di penjara La Regional, kata pihak berwenang, dia mengadakan pesta dan memiliki akses terhadap barang-barang terlarang termasuk senjata, peralatan, minuman keras, ayam aduan, perhiasan, dan barang-barang lainnya. Sebuah lukisan berbingkai menunjukkan dia mengenakan jubah, sejak dia lulus sebagai pengacara di penjara. Kamar mandinya didekorasi dengan keramik.

Kompleks penjara di Guayaquil, sekitar 170 mil barat daya ibu kota, juga menampung penjara terbesar dan paling berbahaya di negara tersebut.

Dari penjara, Macías mengirimkan rekaman pesan kepada pihak berwenang dan “kepada rakyat Ekuador.” Dalam video terakhirnya, yang dirilis pada Juli 2023, dia tampak dikelilingi oleh orang-orang bersenjata dan seorang petugas polisi, yang menurut pihak berwenang merupakan bentuk paksaan.

Salah satu klip video yang dia bintangi adalah koridor Meksiko. Dia menghubungkan produksi balada tersebut dengan putrinya. Apa yang disebut “koridor singa” dimulai dengan menyebut Macías “bosnya bos,” “pemimpin Los Choneros” dan “orang yang sangat baik.”

5. Melarikan Diri dari Penjara Keamanan Maksimum

Siapa José Adolfo Macías Villamar? Pemimpin Kartel Narkoba Los Choneros yang Mengguncang Ekuador

Foto/Reuters

Dia diyakini telah melarikan diri dari selnya sebelum dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum di mana dia akan ditahan dalam isolasi, meskipun tidak ada pejabat di Ekuador yang menggunakan kata “melarikan diri.” Pihak berwenang mengacu pada ketidakhadirannya di selnya, sehingga belum ada konfirmasi apakah dia benar-benar melarikan diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)