Siapa Ofer Cassif? Anggota Parlemen Israel yang Mendukung Zionis Diadili di Mahkamah Internasional

Kamis, 11 Januari 2024 - 18:18 WIB
loading...
Siapa Ofer Cassif? Anggota Parlemen Israel yang Mendukung Zionis Diadili di Mahkamah Internasional
Ofer Cassif mendukung Palestina karena partainya berhaluan kiri didukung orang Arab di Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ofer Cassif, seorang anggota parlemen Israel yang penghasut memicu badai politik dan media sosial awal pekan ini ketika ia menandatangani petisi yang mendukung kasus genosida terhadap Israel di Afrika Selatan, yang akan disidangkan di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag.

Ofer Cassif, yang menyatakan dukungannya terhadap Afrika Selatan melalui media sosial, akan mendukung upaya hukum negara tersebut ketika diajukan ke ICJ pada hari Kamis dan Jumat minggu ini.

“Kewajiban konstitusional saya adalah terhadap masyarakat Israel dan seluruh penduduknya,” tulisnya di X pada tanggal 7 Januari. “Bukan kepada pemerintah yang anggota dan koalisinya menyerukan pembersihan etnis dan bahkan genosida yang sebenarnya. Merekalah yang merugikan negara dan rakyat, merekalah yang menyebabkan Afrika Selatan mengajukan banding ke Den Haag, bukan saya dan teman-teman saya.”

Korban tewas warga Palestina akibat pemboman Israel di Jalur Gaza selama hampir 100 hari telah mencapai 23.000 orang, termasuk hampir 10.000 anak-anak.

Siapa Ofer Cassif? Anggota Parlemen Israel yang Mendukung Zionis Diadili di Mahkamah Internasional

1. Politikus Sayap Kiri dengan Pendukungnya Orang Arab

Melansir Al Jazeera, Cassif adalah seorang politisi dari partai Hadash-Ta'al sayap kiri yang mayoritas penduduknya Arab, Hadash adalah akronim Ibrani untuk Front Demokratik untuk Perdamaian dan Kesetaraan. Lahir di Rishon LeZion dekat Tel Aviv pada tahun 1964, ia telah menjadi anggota parlemen Israel selama hampir lima tahun.

Cassif memiliki gelar doktor dalam bidang filsafat politik dari London School of Economics dan dia adalah seorang akademisi di Universitas Ibrani Yerusalem sebelum dia masuk parlemen.

Kecenderungannya untuk melawan arus masyarakat Israel bukanlah hal baru. Pada akhir tahun 1980-an, warga Israel yang pro-Palestina, yang juga seorang komunis yang bangga, menghabiskan waktu di penjara karena menolak menjadi tentara di wilayah pendudukan.


2. Kerap Menentang Kebijakan Zionis

Pada tahun 2021, dia mengklaim polisi memukulinya saat dia berpartisipasi dalam protes terhadap pemukiman ilegal Yahudi di Yerusalem Timur yang diduduki Israel.

Serangan-serangannya di masa pra-parlemen terhadap negara Israel – misalnya, dengan menyebut Menteri Kehakiman Ayelet Shaked sebagai “sampah neo-Nazi” – membuat Komite Pemilihan Umum Pusat tidak mengizinkannya ikut serta dalam pemilu tahun 2019.

Namun keputusan tersebut dibatalkan oleh Mahkamah Agung, dan ia terpilih pada tahun itu, dengan Hadash-Ta'al menerima sedikit di bawah 4,5 persen suara nasional dan enam kursi di Knesset. Bandingkan dengan perolehan lebih dari 26 persen suara dan 35 kursi yang diperoleh masing-masing partai Likud pimpinan Benjamin Netanyahu dan Kahol Lavan, aliansi politik oposisi yang dipimpin oleh mantan Menteri Pertahanan Benny Gantz, yang juga anggota kabinet perang Netanyahu.

3. Dijuluki sebagai Anomali dalam Politik Israel

Yossi Mekelberg, rekan Program Timur Tengah dan Afrika Utara di Chatham House, menyebut Cassif sebagai “sebuah anomali dalam politik Israel”.

“Sebagian besar anggota Israel di Knesset bertugas di partai-partai Zionis – dan tidak demikian halnya dengan Cassif,” kata Mekelberg tentang politisi anti-Zionis tersebut.

Dia membuat marah beberapa orang karena menolak mengambil sikap mendukung Ukraina dalam perangnya dengan Rusia. Ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato di Knesset melalui Zoom pada Maret 2022, sebulan setelah invasi Rusia, Cassif menolak hadir.

“Saya tidak memihak dalam perang yang tidak perlu yang merugikan warga sipil yang tidak bersalah, memperkuat kekuasaan dan memperkaya penguasa perang,” kata Cassif dalam tweetnya. “Saya tidak mendukung kaum nasionalis dan penganiaya komunis di Ukraina, dan saya juga tidak mendukung Putin dan kaum nasionalis yang membenci komunis di Rusia. Tidak untuk perang – ya untuk perdamaian.”

4. Pendukung Solusi 2 Negara

Melansir Al Jazeera, Cassif adalah pendukung setia solusi dua negara untuk Israel dan Palestina.

Pada bulan Desember 2023, dalam percakapan yang ditranskripsikan di situs Partai Komunis Israel, ia berkata, “Rakyat Palestina, sebagai bangsa, berhak memiliki negara merdeka sendiri.

“Komprominya adalah dengan membagi tanah di samping negara Israel, negara Palestina yang merdeka dan berdaulat, yang akan berdiri di wilayah lama yang diduduki Israel pada bulan Juni ’67. Itu berarti Jalur Gaza, Yerusalem Timur, dan Tepi Barat. Tidak ada jalan lain."

Dia sangat menentang pemukiman Israel di wilayah Palestina dan memprotesnya. Pada Februari 2022, ia bergabung dengan pengunjuk rasa di lingkungan Sheikh Jarrah terjadi di Yerusalem Timur, di mana banyak keluarga diusir dari rumah mereka agar para pemukim dapat dipindahkan.

5. Tidak Masalah Disebut Pengkhianat

Tidak baik. Cassif adalah satu dari 400 warga Israel, dengan populasi hampir 9,5 juta jiwa, yang menandatangani petisi yang mendukung gugatan Afrika Selatan terhadap Israel. Sebagai anggota Knesset, tindakan pembangkangannya di depan publik sudah sangat buruk.

Setelah serangan Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, yang mendorong negara tersebut melancarkan kampanye pemboman udara terhadap Gaza, Cassif diskors dari Knesset selama 45 hari karena mengkritik perang tersebut.

Rekan anggota parlemen Israel, Oded Forer, menyebut keputusan Cassif untuk menentang negara kelahirannya sebagai “pengkhianatan”, dan menambahkan bahwa “kata-katanya tidak lagi terdengar sementara darah tentara dan warga negara kita menjerit dari tanah”.

Forer saat ini sedang mengumpulkan tanda tangan anggota parlemen dalam upaya agar Cassif dikeluarkan dari Knesset. Berdasarkan peraturan Knesset, Forer perlu meyakinkan 70 anggota parlemen untuk mendukung pencalonannya dan kemudian mendapatkan persetujuan dari Komite DPR Knesset, sebelum parlemen dapat memberikan suara mengenai pemecatan Cassif.

Namun Cassif nampaknya menikmati kondisi politik Israel yang bergejolak dan bergejolak. “Dia, dalam banyak hal, lebih merupakan seorang aktivis daripada anggota parlemen,” kata Mekelberg dari Cassif. “Dan apa yang Anda lihat itulah yang Anda dapatkan.”

Cassif kehilangan teman dalam serangan Hamas yang menewaskan sekitar 1.139 orang. Memang benar, dalam wawancara tanggal 19 Oktober 2023 dengan Waging Nonviolence yang berbasis di New York, dia menyebut serangan Hamas “tercela secara moral”.

Namun dalam wawancara yang sama, 12 hari setelah Israel mulai membombardir Gaza, ia mengatakan kepada organisasi media nirlaba tersebut bahwa penolakan kerasnya terhadap tanggapan militer Israel telah menyebabkan dia “diserang dengan kejam oleh kelompok sayap kanan Israel, termasuk ancaman pembunuhan. untuk pandanganku”.

Dia menambahkan, “Mereka tidak bisa bertoleransi, dan mereka tidak mau menerima bahwa saya, dan semua orang, dapat menunjukkan simpati dan empati terhadap orang-orang yang tidak bersalah di Gaza. Sekaligus menunjukkan simpati dan kepedulian terhadap rakyat Israel. Itu bukan sebuah kontradiksi.”

6. Didukung Kelompok Pro-Palestina

Melansir Al Jazeera, di media sosial, para pendukung hak-hak Palestina di seluruh dunia memuji keputusan Cassif untuk mengumumkan pendiriannya mengenai kasus ICJ di Afrika Selatan terhadap Israel. Namun, di Israel sendiri, opini mengenai dirinya di kalangan kiri pro-Palestina sedikit berbeda.

“Dia adalah seseorang yang kami hormati dan dukung atas pendiriannya melawan genosida, meskipun ada beberapa perbedaan politik dengan sebagian dari kami,” kata Neta Golan, anggota aktif Israel Melawan Apartheid.

Ofer Neiman, seorang aktivis Israel pro-Palestina dari Yerusalem, mengatakan dia yakin Cassif terlalu “lunak” terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Neiman menambahkan, “Saya [juga] tidak setuju dengannya mengenai… keengganan [nya] untuk mempertimbangkan opsi lain di luar solusi dua negara. Namun Palestina dan genosida menjadi fokus di sini. Jadi, singkatnya, dia adalah sesama pembangkang bagi saya.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)