Parahnya Korupsi Militer China: Rudal-rudal Diisi Air, Bukan Bahan Bakar

Selasa, 09 Januari 2024 - 13:12 WIB
loading...
Parahnya Korupsi Militer China: Rudal-rudal Diisi Air, Bukan Bahan Bakar
Intelijen AS mengungkap parahnya korupsi di internal militer China. Contohnya, rudal-rudal diisi air, bukannya bahan bakar. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Tentara China mengerahkan rudal-rudal yang berisi air dan bukannya bahan bakar, serta serangkaian silo dengan penutup yang tidak tepat.

Itu adalah contoh parahnya korupsi di internal militer China, yang berujung pada pembersihan pejabat tinggi secara dramatis. Demikian laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang dikutip Bloomberg.

Bloomberg, yang tidak menyebutkan nama sumbernya, melaporkan bahwa intelijen Amerika mengindikasikan pemecatan lebih dari selusin komandan senior Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China oleh Presiden Xi Jinping baru-baru ini berasal dari masalah serius korupsi seperti itu.



Pembersihan tersebut bahkan sampai memecat menteri pertahanan China, Li Shangfu, yang menghilang selama dua bulan sebelum digantikan pada bulan Oktober.

Sumber-sumber intelijen AS mengatakan kepada Bloomberg bahwa korupsi sangat parah di internal Pasukan Roket China dan PLA sehingga kemungkinan besar akan memaksa Xi Jinping untuk mengkalibrasi ulang apakah Beijing dapat segera mengambil tindakan militer besar-besaran.

Pasukan Roket adalah cabang militer utama China yang mengawasi senjata nuklirnya dan telah menjadi fokus utama dari dorongan Xi Jinping baru-baru ini untuk memodernisasi pasukan Beijing dengan cepat.

Hal ini sangat penting dalam sikap Beijing terhadap Taiwan, di mana China meluncurkan rudal jarak jauh di pantai Taiwan untuk mengancam pulau yang memiliki pemerintahan mandiri tersebut.

Pada 2021, para peneliti mengatakan citra satelit menunjukkan China sedang membangun ratusan silo rudal berkemampuan nuklir di gurun Xinjiang, sehingga persenjataannya berpotensi menyaingi milik Rusia atau Amerika Serikat.

Namun intelijen AS mengatakan salah satu contoh korupsi adalah seluruh silo di China barat dilengkapi dengan penutup yang mencegah peluncuran rudal secara efektif, kata seorang sumber intelijen AS kepada Bloomberg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)