Profil Javier Milei, Presiden Argentina yang Kerap Disamakan dengan Wolverine dan Trump

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:40 WIB
loading...
Profil Javier Milei, Presiden Argentina yang Kerap Disamakan dengan Wolverine dan Trump
Javie Milei menjanjikan banyak perubahan di Argentina. Foto/Reuters
A A A
BUENOS AIRES - Javier Milei yang baru saja dilantik menjadi Presiden Argentina pada akhir tahun 2023, cukup dikenal karena punya penampilan dan pesona yang cukup nyentrik di mata masyarakat.

Jika dilihat dari gaya rambut dan wajahnya maka banyak yang menilai jika Presiden Argentina ini mirip dengan karakter fiksi, Wolverine dari Marvel. Dilansir dari Reuters, sedangkan gaya Milei yang agresif dan teatrikal saat berkampanye telah membuat beberapa orang membandingkannya dengan Donald Trump di Amerika Serikat atau Jair Bolsonaro dari Brasil.

Hal tersebut rupanya mampu membuatnya memenangkan Pemilu dengan mengalahkan kepala ekonomi Peronis Sergio Massa. Milei mendapat sekitar 56% suara dan Massa 44%. Massa mengakui kekalahan dalam pidatonya.


Profil Javier Milei

Menurut Britannica, Javier Milei lahir di Buenos Aires pada 22 Oktober 1970. Dia merupakan orang luar sayap kanan konfrontatif yang naik ke kursi kepresidenan Argentina pada tahun 2023 di tengah gelombang ketidakpuasan pemilih terhadap elit politik.

Pria bernama lengkap Javier Gerardo Milei itu merupakan anak dari Alicia Lujan Lucich, seorang ibu rumah tangga, dan Norberto Horacio Milei, seorang sopir bus keturunan Italia yang menjadi pengusaha sukses.

Ketika masih muda, Miley sempat mendalami musik dan olahraga sepak bola. Namun di tahun 1980-an, dirinya meninggalkan hobinya tersebut demi mempelajari ekonomi.



Ilmu Ekonomi itu didapatnya ketika menempuh pendidikan di Universitas Belgrano. Setelah memperoleh gelar sarjana ekonomi, ia melanjutkan studinya di Institut Pembangunan Ekonomi dan Sosial dan Universitas Torcuato Di Tella, hingga mendapatkan sepasang gelar master.

Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, Milei memulai karir di sektor swasta sebagai ekonom, bekerja untuk HSBC Argentina, salah satu bank terbesar di negara tersebut.

Pada tahun 2008, Milei sempat menjadi ekonom dan analis keuangan untuk Corporación América, konglomerat besar yang dikendalikan oleh miliarder Eduardo Eurnekian. Di tahun yang sama, Milei juga menjabat sebagai kepala ekonom di sebuah lembaga, Fundación Acordar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)