Pakar Sebut Rencana Israel Pasca-perang Gaza Hanyalah Sebuah Fantasi Kolonial

Jum'at, 05 Januari 2024 - 08:47 WIB
loading...
Pakar Sebut Rencana Israel Pasca-perang Gaza Hanyalah Sebuah Fantasi Kolonial
Tentara Israel memiliki rencana pasca-perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel sudah mengeluarkan fase baru pasca-perang Gaza yang dinilai mencerminkan kebiadaban Israel sebagai kekuatan pendudukan.

“Pada akhir perang ini, perang paling biadab yang dilakukan di abad ke-21 terhadap penduduk sipil, pendudukan yang tidak ada habisnya, pengepungan yang tidak ada habisnya, dan ini merupakan pelanggaran total terhadap hak warga Palestina untuk menentukan nasib sendiri,” ungkap Bashir Abu -Manneh, seorang profesor sastra pasca-kolonial di Universitas Kent, kepada Al Jazeera ketika ditanya tentang usulan rencana “sehari setelah” menteri pertahanan Israel di Gaza.

“Jadi Anda harus bertanya-tanya seberapa realistis hal ini, dan apakah ini hanyalah fantasi kolonial Israel, atau cara Amerika mengulangi formula lama Oslo yang telah gagal selama 25 tahun terakhir.

“Israel tidak ingin PA (Otoritas Palestina) kembali ke Gaza. Mereka juga tidak menginginkan Hamas, jadi yang mereka cari adalah alternatif lain.”

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengungkapkan kerangka awal dan pendahuluan untuk pertama kalinya dengan beberapa gagasan mengenai apa yang diharapkan Israel lakukan ketika perang berakhir.

Bagian pertama dari poin-poin tersebut adalah bahwa Hamas tidak akan memiliki kendali sama sekali di Jalur Gaza dan bahwa Israel tidak akan memiliki kekuasaan apa pun atas kehidupan sipil di Gaza.

Faktanya, mereka akan menjadi semacam entitas Palestina yang mengontrol kehidupan sipil karena penduduk Gaza adalah warga Palestina.

Namun, dia mengatakan ada syaratnya: entitas apa pun yang ingin mengambil alih kekuasaan tidak boleh memusuhi Israel.

Hal lain yang dia sebutkan adalah tidak akan ada kehidupan warga sipil Israel [di Gaza], mengacu pada pemukiman ilegal.

Namun, dia mengatakan bahwa Israel berhak atas kebebasan operasional secara militer, yang berarti mereka dapat masuk dan keluar dari Gaza kapan pun mereka mau, serupa dengan apa yang kita lihat terjadi di Tepi Barat yang diduduki setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0835 seconds (0.1#10.140)