AS Dukung Rencana Pembicaraan Damai Afghanistan dan Taliban

Rabu, 14 Maret 2018 - 12:53 WIB
AS Dukung Rencana Pembicaraan Damai Afghanistan dan Taliban
AS Dukung Rencana Pembicaraan Damai Afghanistan dan Taliban
A A A
KABUL -
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis menyatakan bahwa Washington mendukung rencana Afghanistan untuk menggelar pembicaraan damai dengan Taliban dan juga rencana mereka memperbaiki hubungan dengan Pakistan.

Juru bicara Presiden Afghanistan, Dawa Khan Menapal menyatakan Presiden Ashraf Ghani dalam pertemuan dengan Mattis menegaskan upaya perdamaian dengan Taliban menduduki puncak agenda perundingan dengan kelompok itu.

"Menhan AS menyatakan mendukung proses perdamaian yang digagas dan dipimpin oleh Afghanistan, dan meyakinkan bahwa AS dan seluruh masyarakat internasional mendukungnya," kata Menapal, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (14/3).

Sementara itu, Ghani memuji strategi AS yang baru untuk Asia Selatan yang memungkinkan tentara Amerika lebih banyak wewenang dan sumber daya untuk menargetkan militan di Afghanistan tanpa batasan waktu.

"Strategi oleh AS di Asia Selatan dan Afghanistan telah mengubah lingkungan dan menciptakan kesempatan untuk lebih fokus pada proses perdamaian," ucap Menapal.

"Itulah mengapa dalam konferensi Proses Kabul kami telah mempresentasikan sebuah proposal komprehensif untuk perdamaian dengan perundingan Taliban dan negara bagian ke Pakistan," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)