alexametrics

AS Dukung Rencana Pembicaraan Damai Afghanistan dan Taliban

loading...
AS Dukung Rencana Pembicaraan Damai Afghanistan dan Taliban
Mattis menyatakan Washington mendukung rencana Afghanistan untuk menggelar pembicaraan damai dengan Taliban. Foto/AA
A+ A-
KABUL -

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis menyatakan bahwa Washington mendukung rencana Afghanistan untuk menggelar pembicaraan damai dengan Taliban dan juga rencana mereka memperbaiki hubungan dengan Pakistan.

Juru bicara Presiden Afghanistan, Dawa Khan Menapal menyatakan Presiden Ashraf Ghani dalam pertemuan dengan Mattis menegaskan upaya perdamaian dengan Taliban menduduki puncak agenda perundingan dengan kelompok itu.

"Menhan AS menyatakan mendukung  proses perdamaian yang digagas dan dipimpin oleh Afghanistan, dan meyakinkan bahwa AS dan seluruh masyarakat internasional mendukungnya," kata Menapal, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (14/3).

Sementara itu, Ghani memuji strategi AS yang baru untuk Asia Selatan yang memungkinkan tentara Amerika lebih banyak wewenang dan sumber daya untuk menargetkan militan di Afghanistan tanpa batasan waktu.

"Strategi oleh AS di Asia Selatan dan Afghanistan telah mengubah lingkungan dan menciptakan kesempatan untuk lebih fokus pada proses perdamaian," ucap Menapal.

"Itulah mengapa dalam konferensi Proses Kabul kami telah mempresentasikan sebuah proposal komprehensif untuk perdamaian dengan perundingan Taliban dan negara bagian ke Pakistan," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak