10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Senin, 01 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Delegasi pemimpin politik Hamas telah berbasis di Doha, dengan persetujuan AS, sejak tahun 2012, ketika mereka pindah dari Damaskus pada tahap awal perang saudara di Suriah. Kehadiran mereka di Doha telah menjadi subyek pertemuan intensif Qatar dengan para pejabat AS dan Israel serta hubungan dengan Hamas.

3. Arab Saudi

Arab Saudi telah menyatakan dukungan politik untuk perjuangan Palestina dan telah terlibat dalam inisiatif diplomatik terkait konflik Israel-Palestina. Tingkat keterlibatan dapat bervariasi dari waktu ke waktu.


4. Yordania

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Foto/Reuters

Yordania memiliki populasi Palestina yang signifikan, dan negara ini secara historis terlibat dalam upaya diplomatik terkait konflik Israel-Palestina. Yordania juga telah menyatakan dukungan politiknya terhadap perjuangan Palestina.

Melansir Guardian, seperti Mesir, Yordania telah menandatangani perjanjian perdamaian formal dengan Israel – pada tahun 1994. Yang memperumit pandangan Yordania mengenai isu-isu Israel-Palestina adalah kenyataan bahwa lebih dari 2 juta warga Palestina terdaftar sebagai pengungsi di Yordania, sebagian besar dari mereka juga menikmati status kenegaraan Yordania secara penuh, sementara persentase penduduk yang lebih besar lagi dapat menelusuri asal muasal mereka dari Palestina.

Wakaf, organisasi yang mengelola lembaga-lembaga Islam di sekitar al-Haram al-Sharif (dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount) di Yerusalem, adalah sebuah organ pemerintah Yordania, yang menyebabkan Amman terlibat dalam konflik di sekitar lokasi tersebut. Seperti Kairo, Israel cenderung sensitif terhadap pandangan Yordania.

5. Uni Emirat Arab (UEA)

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Foto/Reuters

UEA telah terlibat dalam inisiatif diplomatik di Timur Tengah yang lebih luas dan telah menyatakan keprihatinannya terhadap situasi di wilayah Palestina. Sifat dan tingkat keterlibatannya mungkin berbeda-beda.

Melansir Arab Center Washington DC, UEA mempunyai kekuatan yang berbeda berdasarkan kehadiran negara tersebut di Dewan Keamanan, yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember. Sebagai pemegang 'kursi Arab', UEA harus menjembatani respons regional dan internasional dengan diplomat UEA hingga serangkaian perkembangan besar yang membayangi tugas dua tahun mereka di PBB, yang dimulai dengan serangan rudal dan drone Houthi di Abu Dhabi pada awal tahun 2022 dan dilanjutkan dengan invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina dan dampaknya.

Para pejabat Israel memberikan dukungan intelijen kepada UEA setelah serangan Houthi, berbeda dengan kemarahan yang ditunjukkan para pemimpin UEA atas apa yang mereka rasakan sebagai tanggapan Amerika yang lamban dan tertunda. Kekhawatiran terhadap anggapan keluarnya AS dari Timur Tengah dan keinginan untuk mendiversifikasi dan memperluas kemitraan keamanan dan pertahanan (serta politik dan ekonomi), menjelaskan mengapa para pejabat di UEA, sejauh ini, mempertahankan dukungan publik terhadap Kesepakatan Abraham dan Perjanjian hubungan jangka panjang dengan Israel.

6. Libanon

10 Negara Timur Tengah yang Terseret Perang Israel dan Hamas

Foto/Reuters

Melansir Guardian, Israel telah berperang dalam dua konflik besar yang melibatkan negara tetangganya di utara, yang terakhir terjadi pada tahun 2006 saat perang dahsyat melawan organisasi Syiah Hizbullah, salah satu proksi Iran yang paling tangguh.

Israel telah lama khawatir akan melakukan perang dua front dengan Hamas dan Hizbullah. Sklerosis politik jangka panjang dan keruntuhan ekonomi di Lebanon telah menjadi faktor pembatas bagi Hizbullah baru-baru ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)