Sepuluh Negara Terbaik di Dunia

Rabu, 07 Maret 2018 - 13:37 WIB
Sepuluh Negara Terbaik di Dunia
Sepuluh Negara Terbaik di Dunia
A A A
WASHINGTON - Sebuah firma riset global membuat daftar peringkat negara-negara terbaik di dunia dan menyebut ada 10 negara terbaik di dunia. Dalam daftar sepuluh besar negara-negara terbaik, Eropa mendominasi peringkat dan Asia hanya menempatkan satu wakilnya.

Negeri Matahari Terbit, Jepang, dinobatkan sebagai negara terbaik di Asia dan menduduki peringkat kelima terbaik di dunia. Rumah bagi makanan sushi dan samurai ini meninggalkan jauh semua negara Asia lainnya. Hanya Singapura yang menjadi pesaing terdekat Jepang, itu pun berada di posisi 16 terbaik di dunia.

Laporan dan rangkuman Negara Terbaik 2018 didasarkan pada bagaimana persepsi global mendefinisikan negara-negara dalam hal sejumlah karakteristik kualitatif, kesan yang berpotensi mendorong perdagangan, perjalanan dan investasi serta secara langsung mempengaruhi ekonomi nasional. Laporan tersebut mencakup persepsi 80 negara.

Studi dan model yang digunakan untuk menilai dan menentukan peringkat negara ini dikembangkan oleh konsultan strategi global, Grup BAV Y & R, dan The Wharton School of the University of Pennsylvania. Kedua organisasi tersebut bekerja sama dengan peneliti Amerika untuk mengembangkan sistem penilaian di sembilan kategori utama; petualangan, kewarganegaraan, pengaruh budaya, entrepreneurship, warisan, penggerak, terbuka untuk bisnis, kekayaan, dan kualitas hidup.

Eropa dan Amerika Utara mendominasi 10 negara terbaik di dunia, dengan Swiss berada di posisi teratas. Tapi Jepang dan Australia berhasil masuk 10 besar, mewakili Asia Pasifik.

Jepang mencetak angka di tingkat wiraswasta, bisnis, kekayaan dan budaya yang sangat tinggi. Tapi poin Jepang jatuh pada aspek petualangan.

Australia, peringkat ketujuh di dunia, menang besar dalam kualitas hidup, mengalahkan Swiss, Belanda, dan Selandia Baru.

Berikut daftar lengkap 10 Negara Terbaik di Dunia dikutip dari Asean Correspondent, Rabu (7/3/2018):

1. Swiss
2. Kanada
3. Jerman
4. Inggris
5. Jepang
6. Swedia
7. Australia
8. Amerika Serikat
9. Perancis
10. Belanda

Sedangkan posisi sejumlah negara Asia di luar 10 besar adalah Singaura (16), China (20), Korea Selatan (22), India (25), Thailand (27), Malaysia (34), Indonesia (41), Vietnam (44), Filipina (49), Myanmar (63), dan masuk terakhir dari Asia-Pasifik, Pakistan pada posisi ke-74 di dunia.

Perhatian khusus ditujukan ke Filipina yang menduduki puncak daftar sebagai negara terbaik untuk investasi, mencatat bahwa populasi anak mudanya akan menarik lebih banyak perusahaan mencari angkatan kerja yang baik.

Sementara Thailand, masuk dalam 5 besar dalam hal petualangan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4524 seconds (0.1#10.140)