Tunjukkan Solidaritas dengan Palestina, Kuba Kutuk Genosida yang Dilakukan Israel

Rabu, 27 Desember 2023 - 18:19 WIB
loading...
Tunjukkan Solidaritas dengan Palestina, Kuba Kutuk Genosida yang Dilakukan Israel
Rakyat Gaza menjadi korban kekejaman dan genosida yang dilakukan Israel. Foto/Reuters
A A A
HAVANA - Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel menyerukan diakhirinya perang Israel- Hamas di Jalur Gaza yang telah berlangsung selama lebih dari dua setengah bulan.

“Genosida yang dilakukan oleh negara teroris Israel di Gaza merupakan penghinaan bagi seluruh umat manusia. Berapa lama impunitas akan terjadi? Berapa lama lagi akan ada cara bebas untuk membunuh? Kuba, yang tidak akan pernah bersikap acuh tak acuh, berulang kali menyuarakan suaranya untuk Palestina,” kata Miguel Diaz-Canel di X, dilansir Anadolu.

Negara kepulauan tersebut telah berulang kali mengutuk kekerasan di Palestina dan bahkan Parlemen Kuba menyatakan solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Pada tanggal 20 Desember, kongres Kuba mengutuk “pembunuhan ribuan warga Palestina di Jalur Gaza, lebih dari 70% di antaranya adalah anak-anak dan perempuan, sebagai akibat dari pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan oleh Israel sejak 7 Oktober.”



“Situasi saat ini adalah konsekuensi dari praktik pendudukan dan kolonisasi ilegal Israel selama 75 tahun, yang merupakan pelanggaran mencolok terhadap hak-hak asasi rakyat Palestina di wilayah mereka sendiri,” demikian pernyataan deklarasi tersebut.

Dokumen tersebut juga menunjuk pada "keterlibatan pemerintah Amerika Serikat dalam genosida ini dengan menghalangi tindakan Dewan Keamanan PBB melalui hak veto yang tidak demokratis dan tidak berlaku lagi untuk melindungi tindakan berlebihan pemerintah Israel". Deklarasai tersebut juga menyatakan "impunitas yang dengannya Tindakan Israel hanya dapat dijelaskan dengan keyakinannya bahwa tidak akan ada konsekuensi karena dukungan pemerintah Amerika Serikat.”

Meskipun beberapa sekutu Israel baru-baru ini menyerukan negaranya untuk mengurangi intensitas operasi militernya dan untuk lebih melindungi warga sipil, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji untuk terus melancarkan perang habis-habisan melawan kelompok Palestina, Hamas.

Israel telah melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 20.915 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai 54.918 lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan gencar ini telah menyebabkan kehancuran di Gaza, dengan 60% infrastruktur di daerah kantong itu rusak atau hancur dan hampir 2 juta orang mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan. Sekitar 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)