Timur Tengah Memanas, India Kirim Kapal Perang ke Laut Arab

Selasa, 26 Desember 2023 - 14:40 WIB
loading...
A A A
Washington sebelumnya mengatakan intelijen mengungkapkan Iran “sangat terlibat” dalam merencanakan serangan terhadap kapal, bekerja sama dengan pemberontak Houthi di Yaman untuk menyebabkan krisis yang dikhawatirkan para ahli sudah mengancam perekonomian dunia. Pasukan Houthi mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang memiliki hubungan dengan Israel sebagai pembalasan atas perang mereka di Gaza.

Pada Sabtu malam, dua kapal sipil di kawasan Laut Merah membunyikan alarm bahwa mereka sedang diserang. Blaamanen, kapal berbendera Norwegia yang membawa seperempat juta ton minyak bunga matahari, melaporkan bahwa mereka berhasil menghindari serangan drone, sementara kapal tanker minyak mentah berbendera India, Saibaba, mengonfirmasi bahwa kapal tersebut terkena serangan langsung.

Dekat dengan Terusan Suez yang menghubungkan Eropa ke Asia, lebih dari 10 persen perdagangan global melewati Laut Merah, dengan sekitar 17.000 kapal per tahun melintasi antara Mediterania dan Laut Arab.

Dalam wawancara pertamanya sejak ditunjuk sebagai menteri luar negeri Inggris, mantan perdana menteri Inggris David Cameron, mengatakan kepada The Telegraph bahwa Barat harus mengirimkan “pesan yang sangat jelas bahwa eskalasi ini tidak akan ditoleransi” kepada Teheran. Selain Prancis, Italia, dan Spanyol, Inggris adalah salah satu dari sedikit negara yang bergabung dengan AS sebagai bagian dari Operation Prosperity Guardian.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)