Jenderal Tertinggi Saudi yang Dicopot Andalan di Perang Yaman

Selasa, 27 Februari 2018 - 11:34 WIB
Jenderal Tertinggi Saudi yang Dicopot Andalan di Perang Yaman
Jenderal Tertinggi Saudi yang Dicopot Andalan di Perang Yaman
A A A
RIYADH - Jenderal Abdulrahman al-Bunyan merupakan salah satu perwira top militer Arab Saudi yang dicopot dalam reshuffle besar-besaran oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Al-Bunyan merupakan jenderal tertinggi Saudi yang diandalkan dalam perang di Yaman.

Belum jelas alasan pencopotan jenderal al-Bunyan dari jabatannya sebagai Kepala Staf Militer Saudi. Namun, laporan sejumlah media lokal menyebut Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berada di balik pemberhentiannya.

Pemberhentian itu menjelang kunjungan Pangeran Mohammed ke Inggris di mana publik London selama ini menentang operasi militer Saudi di Yaman.

Media pemerintah Saudi, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa reshuffle bertujuan untuk memperkuat posisi Putra Mahkota di dalam negeri yang telah terancam setelah operasi penangkapan sejumlah pangeran dan pejabat tinggi atas tuduhan korupsi.

Baca Juga: Saudi Copot Para Perwira Militer Top, Wanita Jadi Wakil Menteri

Salah satu yang ditahan dalam operasi itu adalah kepala pasukan keamanan internal Saudi. Banyak tahanan telah dibebaskan dengan membayar tebusan uang tunai dan saham perusahaan sesuai kesepakatan.

Saudi menjadi pemimpin koalisi Arab yang melakukan agresi di Yaman untuk memerangi pemberontak Houthi. Agresi tersebut atas permintaan Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi yang nyaris digulingkan pemberontak Houthi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Raja Salman mencopot beberapa perwira tinggi militer kerajaan dan beberapa wakil menteri pada hari Senin dalam sebuah reshuffle besar-besaran. Yang mengejutkan, Raja Salman menunjuk seorang wanita menjadi wakil menteri tenaga kerja.

Perombakan terjadi di pos ekonomi dan keamanan.

Keputusan Kerajaan yang diterbitkan media pemerintah mengatakan Kepala Staf Militer Saudi diisi pejabat baru yakni Letnan Satu Jenderal Fayyad bin Hamed al-Ruwayli. Posisi penting di pertahanan udara dan darat juga diisi para perwira baru.

Beberapa wajah baru juga menghiasi deputi menteri baru di kementerian di bidang ekonomi dan keamanan. Salah satunya, Tamadur binti Youssef al-Rama yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja, sebuah jabatan senior yang langka untuk seorang wanita di Kerajaan Saudi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)