Mengenal Brigade Golani, Pasukan Elite Israel yang Dibantai Habis-habisan oleh Hamas

Senin, 18 Desember 2023 - 19:58 WIB
loading...
Mengenal Brigade Golani, Pasukan Elite Israel yang Dibantai Habis-habisan oleh Hamas
Brigade Golani, pasukan elite Israel yang dibantai habis-habisan oleh pasukan Hamas dalam pertempuran di Gaza, Palestina. Foto/The Jerusalem Strategic Tribune
A A A
JAKARTA - Brigade Golani yang merupakan pasukan elite Israel yang sedang jadi sorotan media internasional karena banyak personelnya tewas dibantai dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Setidaknya, sepuluh tentara elite Brigade Golani tewas setelah disergap pasukan Hamas di lingkungan Shujaiya, timur Kota Gaza, pada pekan lalu. Itu menjadi hari paling mematikan bagi pasukan elite Israel, di mana media Zionis menyebutnya sebagai “malapetaka Shujaiya”.

Menurut The Guardian, dua komandan senior ikut tewas dalam pertempuran tersebut.



Para pengamat militer menilai serangan mematikan Hamas tersebut telah dirancang dengan sangat matang dan terorganisasi.

Pembantaian terhadap banyak personel Brigade Golani diawali dengan penyergapan unit patroli Israel yang memasuki kompleks pergedungan. Dari situlah Hamas mulai menyerang dengan cara melemparkan peledak ke pasukan Zionis Israel.

Mengenal Brigade Golani


Brigade Golani pada dasarnya adalah satuan bersenjata pertama dalam sejarah Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Brigade itu didirikan demi memenangkan “Perang Kemerdekaan” Israel.

Dilansir dari laman Jewish Virtual Library, Brigade Golani dibentuk pada 22 Februari 1948 sebagai satuan yang ditempatkan di perbatasan Lebanon Israel, tepatnya di perbukitan Galilea.

Sebelum deklarasi berdirinya Negara Israel, para prajurit brigade tersebut bertempur di daerah Mishmar Ha'emek, Tiberias, Migdal, Zemach dan Rosh Pinna.

Sejumlah peperangan besar yang pernah dilakoni oleh Brigade Golani di antaranya adalah Perang 1956 di Sinai, Perang Enam Hari 1967, dan Perang Yom Kippur 1973.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)