Apa Konsekuensi Utama ketika Israel Membanjiri Terowongan Hamas?

Sabtu, 16 Desember 2023 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Terowongan banjir di bawah kawasan berpenduduk berisiko merusak infrastruktur yang masih utuh di wilayah tersebut. Hal ini juga berisiko mencemari sumber air tawarnya.

“Saya melihat ada masalah dengan air laut (banjir), misalnya,” kata Danny Orbach, sejarawan militer di Universitas Ibrani Yerusalem, dilansir Al Jazeera. “Gaza adalah topografi yang sangat berpasir. Artinya, air laut bisa bocor dan merusak akuifer, yaitu air minum.”

Satu-satunya sumber air tawar di wilayah ini, Akuifer Pesisir, sudah semakin terkuras akibat ekstraksi berlebihan dan terkontaminasi oleh infiltrasi limbah dan air laut, menurut Amnesty International.

Perang telah secara signifikan membatasi akses terhadap air minum, dan lembaga-lembaga bantuan memperingatkan bahwa warga Palestina terpaksa minum air kotor atau asin untuk menghilangkan dahaga, sehingga meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air.

Jika seluruh jaringan terowongan terendam banjir, bangunan di atasnya juga bisa runtuh, kata Orbach, seraya menambahkan bahwa kerusakannya bisa parah karena banyak di antaranya berada di bawah infrastruktur sipil.

Namun, tujuan dari banjir tersebut mungkin bukan untuk sepenuhnya menghancurkan terowongan saat ini, kata beberapa ahli.

“Karena terowongan-terowongan tersebut sangat luas dan banyak di antaranya digali untuk infrastruktur, gedung-gedung, sekolah-sekolah, dan lain-lain, ada keinginan untuk melumpuhkan mereka saat ini, bahkan jika terowongan tersebut tidak sepenuhnya hancur,” kata Matthew Levitt, direktur program Reinhard tentang kontraterorisme dan intelijen di The Washington Institute for Near East Policy.

Israel dapat bekerja sama dengan badan pemerintahan pascaperang di Gaza untuk membongkar sepenuhnya jaringan terowongan tersebut.

“Saya membayangkan ada pertimbangan tentang berapa banyak air laut yang diperlukan untuk membuat terowongan tidak dapat digunakan, dibandingkan membahayakan nyawa orang,” kata Levitt, mengacu pada para sandera yang diyakini masih berada di bawah tanah di Gaza.

“Saya pikir orang-orang mempunyai gambaran bahwa membanjiri terowongan adalah seperti memompa begitu banyak air ke dalam terowongan sehingga seluruh terowongan tidak memiliki oksigen dan hanya terisi air,” katanya, “dan saya rasa bukan itu masalahnya.”

3. Sandera Akan Tewas Terkubur di Terowongan

Apa Konsekuensi Utama ketika Israel Membanjiri Terowongan Hamas?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)