AS Ikut Buru Pemimpin Hamas Yahya Sinwar

Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:49 WIB
loading...
AS Ikut Buru Pemimpin Hamas Yahya Sinwar
Yahya Sinwar juga diburu AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Hari-hari pemimpin Hamas Yahya Sinwar “hanya tinggal menghitung hari.” Itu diungkapkan seorang pejabat senior pemerintahan Joe Biden. Dia berjanji untuk memastikan keadilan ditegakkan.

“Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa hari-harinya tinggal menghitung hari… Dia memiliki darah Amerika di tangannya; 38 orang Amerika terbunuh pada tanggal 7 Oktober, dan dia masih menyandera sejumlah orang Amerika,” kata pejabat itu kepada wartawan saat melakukan panggilan telepon untuk membahas perjalanan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan ke Israel dan Palestina .

Untuk berita utama terkini, ikuti saluran Google Berita kami secara online atau melalui aplikasi.

“Jadi, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan, tapi keadilan akan ditegakkan,” kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu, dilansir Al Arabiya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya berkomitmen untuk membunuh Sinwar dan memusnahkan Hamas dan para pemimpin utamanya.

Sinwar dan segelintir pejabat Hamas lainnya merencanakan serangan 7 Oktober terhadap Israel, menewaskan lebih dari 1.000 orang dan menyandera ratusan lainnya. Ini adalah salah satu serangan paling mematikan yang pernah dihadapi Israel.

Meski demikian, kampanye militer Israel yang terjadi kemudian menuai kecaman luas dari komunitas internasional. AS telah menjadi pembela setia hak Israel untuk merespons dan melenyapkan Hamas dan kendalinya atas Gaza; Namun, jumlah korban warga sipil telah membuat Washington frustrasi dalam beberapa pekan terakhir.



Sullivan, staf utama Presiden Joe Biden di Gedung Putih, mengunjungi Israel pada hari Kamis, bertemu dengan para pemimpin tertinggi negara tersebut. Dia mengadakan dua pertemuan dengan Netanyahu, satu sebelum pertemuan Kabinet Perang dan satu lagi setelahnya.

Pertemuan kedua membahas ekspektasi “saat kita melewati minggu-minggu mendatang atau menjelang akhir tahun dan memasuki awal bulan Januari,” kata pejabat senior pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0812 seconds (0.1#10.140)