AS akan Tarik Ribuan Tentara dari Afghanistan

loading...
AS akan Tarik Ribuan Tentara dari Afghanistan
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mike Esper mengatakan, Washington akan menarik ribuan tentara dari Afghanistan. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mike Esper mengatakan, Washington akan menarik ribuan tentara dari Afghanistan. Esper mengatakan, AS hanya akan menempatkan sekitar 5.000 tentara di Afghanistan.

"Kami akan menurunkan angka kehadiran (tentara) hingga kurang dari 5.000 personel," kata Esper dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (9/8/2020). Saat ini, AS memiliki sekitar 8.600 tentara yang ditempatkan di Afghanistan.

(Baca juga: Trump Segera Kurangi Pasukan AS di Afghanistan)

Sebelumnya pada Juli, Kementerian Pertahanan AS mengkonfirmasi penarikan dari lima pangkalan di Afghanistan sebagai bagian dari perjanjian dengan Taliban yang menyerukan penarikan total dalam sembilan setengah bulan ke depan.

Pasukan AS telah terlibat dalam operasi militer di Afghanistan selama 19 tahun sejak serangan 9/11. Tetapi dengan sedikit keberhasilan, pasukan gagal mengalahkan Taliban atau membangun perdamaian di negara itu dengan cara lain.



(Baca juga: Uang Pangkal Rp15-250 Juta, Peminat Seleksi Mandiri Unpad Capai 40.000 Orang)

Membatasi keterlibatan militer asing AS adalah salah satu janji kampanye utama yang dibuat oleh Donald Trump. Presiden AS berjanji untuk mengakhiri apa yang dia sebut sebagai perang tanpa akhir Amerika, termasuk di Afghanistan.

(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top