5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Selasa, 12 Desember 2023 - 12:04 WIB
loading...
5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia
Perjuangan dan perlawanan rakyat Gaza menjadi inspirasi bagi bangsa lain di dunia. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perlawanan Rakyat Palestina terhadap pendudukan Zionis Israel mendapatkan perhatian dari banyak orang di dunia. Mereka juga menjadi inspirasi bagi bangsa-bangsa di dunia.

Apa yang diperjuangkan rakyat Palestina adalah perlawanan terhadap penjajahan terhadap tanah air mereka oleh Israel. Mereka tetap tabah dan kuat dengan ketika rumah mereka dihancurkan dan saudara-saudara mereka menjadi korban pengeboman Israel.

Hal itu tidak lain karena Palestina menginginkan kemerdekaan dan merebut kembali tanah mereka yang dijajah oleh Israel.

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Zionis Israel Jadi Inspirasi Bangsa di Dunia

1. Membuat Bangga Orang Arab

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Foto/Reuters

Azmi Bishara, Direktur Pusat Penelitian dan Studi Kebijakan Arab, mengatakan perfoma perlawanan Palestina di Gaza – setelah lebih dari dua bulan serangan brutal Israel – “cukup membuat bangga orang Arab”.

Aspek paling penting yang hilang saat ini, katanya, adalah protes besar di seluruh dunia Arab, meskipun hal ini penting dan bisa berperan dalam mengakhiri serangan Israel.

"Ada kemungkinan perang dapat berubah menjadi pertempuran yang menghabiskan waktu berbulan-bulan atau lebih lama dan mengatakan bahwa veto terbaru AS terhadap resolusi gencatan senjata di Dewan Keamanan PBB menunjukkan keinginan Washington untuk melanjutkan perang," kata Bishara, dilansir The New Arab.


2. Persatuan Faksi-faksi Palestina

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Foto/Reuters

Dalam wawancara baru dengan Alaraby TV, Bishara mengatakan kinerja perlawanan yang membuat Israel terkejut menunjukkan bahwa faksi-faksi Palestina telah mempersiapkan diri secara menyeluruh untuk menghadapi invasi Israel.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tentara yang terluka dan terbunuh, meskipun kita menggunakan angka yang diakui Israel. Meskipun pengumuman resmi menyebutkan sekitar 2.000 orang terluka, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth mengungkapkan bahwa jumlahnya mendekati 5.000 orang.

Bagi Bishara, kinerja perlawanan “seharusnya membuat bangga orang Arab”, sekaligus mempermalukan penentang rakyat Palestina.

Dia mengatakan perlawanan, meskipun tidak meraih kemenangan, dapat dikatakan telah “menggagalkan serangan tersebut”.

3. Menundukkan Superioritas Israel

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Foto/Reuters

Bishara mengatakan Israel telah menunjukkan kurangnya kesiapan sehubungan dengan invasi darat seperti yang ditunjukkan dalam respons awal yang membingungkan terhadap operasi 7 Oktober. Hal ini terjadi karena mereka gagal mendefinisikan apa sebenarnya maksud dari tujuan invasi darat – “menghilangkan Hamas”.

Bishara mencatat bahwa logika kolonial pemukim yang mengatur perlakuan Israel terhadap warga Palestina – yaitu, dengan rasa superioritas, ketidaktahuan dan penghinaan – telah menjadi bumerang karena mentalitas ini menghalangi Israel untuk memahami musuh dan kemampuan mereka. Hal ini membuat Israel terkejut dengan kinerja militer dari perlawanan tersebut.

Mengenai dampak yang mungkin terjadi dari perang ini, Bishara menyatakan bahwa "kita harus mengetahui secara pasti seberapa besar kerusakan yang terjadi di Jalur Gaza dan rakyat Palestina, bahkan jika kita tidak tahu bagaimana keadaannya nanti – hal ini bisa menjadi perang yang menguras tenaga dan menghancurkan negara-negara lain. bulan terakhir atau lebih".

4. Selalu Tabah

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Foto/Reuters

Mengenai penangkapan warga sipil di Gaza utara beberapa hari lalu, yang difoto setelah ditelanjangi, Bishara yakin tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk menghukum ketabahan mereka yang tetap tinggal di Gaza utara (setelah Israel memerintahkan semua orang untuk pergi) . Dia menegaskan bahwa foto-foto para pemuda ini "tidak mengurangi martabat mereka di hadapan kita, namun malah menurunkan martabat tentara Israel."

Bishara juga menunjukkan bahwa pernyataan yang menyiratkan bahwa orang-orang Palestina "mencintai kematian" adalah sebuah penghinaan terhadap orang-orang Palestina dan menolak gagasan bahwa fokus harus diarahkan jauh dari situasi bencana yang diderita orang-orang Palestina agar hanya fokus pada gambaran konfrontasi dan perlawanan.

5. Mendorong Persatuan Negara-negara Arab

5 Bukti Perlawanan Rakyat Palestina terhadap Israel Jadi Inspirasi Bangsa-bangsa di Dunia

Foto/Reuters

Bishara percaya bahwa salah satu aspek penting yang hilang saat ini adalah protes besar di seluruh dunia Arab.

“Selama rezim-rezim besar Arab tidak mengambil tindakan apa pun, masyarakat di seluruh dunia Arab perlu melakukan protes di jalan-jalan. Inilah yang hilang saat ini, dan dapat berkontribusi untuk menghentikan perang karena jika ini terjadi, Amerika Serikat akan melakukan hal yang sama. mungkin merasa bahwa apa yang dilakukan Israel membahayakan stabilitas di kawasan dan di negara-negara besar Arab".

Secara umum, sikap Arab adalah “posisi penonton” kata Bishara, dan dia khawatir bahwa “kami sedang dalam proses memberikan kesempatan kepada Israel untuk terus melanjutkan hingga akhir tahun ini – untuk menghancurkan Jalur Gaza sepenuhnya, sehingga menjadi tidak mungkin. tidak dapat dihuni, dan kemudian menempatkan dirinya di dalam Jalur Gaza dan mulai melakukan operasi khusus dan pembunuhan".

Dia menyimpulkan dengan mengatakan bahwa "ukuran untuk menunjukkan dukungan terhadap rakyat Palestina saat ini bukanlah dengan mengunggah di media sosial, namun dengan turun ke jalan".

Bishara menggambarkan tur delegasi menteri yang baru saja keluar dari KTT Gabungan Arab-Islam dan mengunjungi sejumlah ibu kota tidak lebih dari sekedar aksi humas.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)