Militer Israel Klaim Terobos Khan Younis, Hamas Bermunculan dari Bawah Tanah

Jum'at, 08 Desember 2023 - 00:08 WIB
loading...
Militer Israel Klaim Terobos Khan Younis, Hamas Bermunculan dari Bawah Tanah
Militer Israel mengeklaim pasukannya telah menerobos Jabalia, Shuja’iyya dan daerah Khan Younis di Jalur Gaza, Palestina. Menurut militer Zionis, selama serbuan itu, agen-agen Hamas bermunculan dari bawah tanah. Foto/newsradio.lk
A A A
GAZA - Militer Israel mengeklaim pasukannya telah menerobos Jabalia, Shuja’iyya dan daerah Khan Younis di Jalur Gaza, Palestina. Menurut militer Zionis, selama serbuan itu, agen-agen Hamas bermunculan dari bawah tanah dan bertempur dalam pertempuran tatap muka.

“Di wilayah Jabalia, Shuja’iyya, dan Khan Younis, kami telah menembus garis pertahanan mereka,” klaim juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari dalam sebuah pernyataan, Kamis (7/12/2023), yang dilansir Al Arabiya.

“Para ‘teroris’ kini muncul dari terowongan bawah tanah dan melibatkan pasukan kami dalam pertempuran jarak dekat, pasukan kami muncul dalam posisi yang lebih unggul. Pasukan kami akan terus melanjutkan pencapaian kami di Jabalia, Shuja’iyya, dan juga di wilayah Khan Younis–jantung teror Hamas,” lanjut klaim Hagari yang terus menggunakan label ”teroris” untuk Hamas.



Hagari menyatakan bahwa pasukan Israel mengepung daerah Khan Younis di Gaza selatan di mana pasukan komando melakukan penggerebekan dan memerangi Hamas. Bersamaan dengan itu, militer Israel bertempur di wilayah Jabalia dan Shuja’iyya.

“Selain itu, militer Israel mengatakan bahwa selama operasi di Khan Younis, pasukan membunuh anggota Hamas dan menyerang puluhan sasaran teror,” imbuh dia.

Militer Israel menambahkan bahwa selama 24 jam terakhir pasukan Angkatan Laut Israel menyerang kompleks militer dan infrastruktur Hamas menggunakan amunisi dan peluru yang tepat.

Sementara itu, sayap militer Hamas Brigade Izz ad-Din al-Qassam mengatakan bahwa para pejuangnya sedang menghadapi pasukan Israel di wilayah Shuja’iyya. Mereka menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejuang Brigade al-Qassam terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan Israel di semua lini “serangan” ke Gaza.

Brigade al-Qassam mengatakan pihaknya menghancurkan 23 kendaraan militer di garis depan pertempuran di Khan Younis dan Beit Lahia. Para prajurit Brigade al-Qassam juga membunuh dan melukai enam tentara Israel dan meledakkan bahan peledak yang ditanam di sebuah rumah di mana pasukan Israel dibarikade.

Pada hari Selasa, pihak berwenang Palestina mengatakan setidaknya 40 warga sipil Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka akibat serangan udara Israel yang menargetkan kota Khan Younis, menurut kantor berita Palestina; WAFA.

Selain itu, laporan media Palestina menyatakan bahwa artileri dan drone Israel mengebom sekitar Rumah Sakit Kamal Adwan di Kamp Jabalia.

“108 warga sipil yang terbunuh dan puluhan korban dibawa ke Rumah Sakit Kamal Adwan, yang mengalami pemadaman listrik karena lebih dari 7.000 pengungsi masih berada di dalamnya. Selain itu, tim medis tidak dapat melakukan operasi bedah apa pun di rumah sakit,” tulis WAFA.

Sejak pecahnya perang pada 7 Oktober, warga Palestina telah berjuang untuk bertahan hidup di tengah rentetan serangan di daerah kantong tersebut yang menyebabkan jumlah warga sipil Palestina yang terperangkap dalam baku tembak antara Israel dan Hamas melebihi 17.000 warga Palestina, 6.500 di antaranya anak-anak dan lebih dari 4.500 wanita.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)