Selamatkan Diri dari Genosida, Puluhan Ribu Warga Palestina Mengungsi ke Rafah

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:32 WIB
loading...
A A A
Selama dua hari, puluhan ribu pengungsi terlihat tiba di Rafah, selatan Jalur Gaza, dekat perbatasan dengan Mesir, setelah tentara Israel memperingatkan mereka untuk mengungsi dari kota Khan Younis.



Warga Palestina khawatir Israel akan mendorong lebih banyak orang ke selatan Jalur Gaza dekat perbatasan dengan Mesir sebagai awal untuk memaksa mereka bermigrasi ke wilayah Sinai Mesir.

“Kami belum pernah mengalami perang genosida seperti ini di Gaza. Jelas bahwa Israel ingin mengevakuasi seluruh wilayah kami dari penduduknya dan membangun permukiman di Gaza,” kata Linda Mohammed, seorang pengungsi perempuan, kepada The New Arab.

“Israel membunuh rakyat kami dan menggusur sisanya untuk menciptakan realitas baru di lapangan dan menghukum kami semua selama bertahun-tahun,” tambahnya.

Faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza memperingatkan terhadap rencana Israel untuk menggusur penduduk wailaya kantong itu mengingat perang dengan negara Zionis yang sedang berlangsung sudah memasuki bulan ketiga.

“Posisi Palestina yang bersatu secara resmi dan populer adalah dalam menghadapi rencana Israel untuk memindahkan warga kami dari Jalur Gaza ke Sinai (Mesir),” kata faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza dalam pernyataan pers bersama.

Pernyataan tersebut menekankan penolakan terhadap rencana pemukiman kembali warga Palestina dari Jalur Gaza, baik di Sinai atau di tempat lain.

"Rakyat Palestina kita memiliki satu tanah air untuk ditinggali, yaitu hanya Palestina,” tegas mereka.

Pernyataan itu juga memperingatkan agar tidak ada konsistensi dengan rencana pengungsian Israel di bawah naungan perlindungan, bantuan kemanusiaan, atau wilayah aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)