Pertama dan Tercanggih di Dunia, China Operasikan PLTN Generasi Keempat

Kamis, 07 Desember 2023 - 11:45 WIB
loading...
Pertama dan Tercanggih di Dunia, China Operasikan PLTN Generasi Keempat
China operasikan reaktor nuklir berpendingin gas suhu tinggi (HTGR) di PLTN Teluk Shidao, China. Foto/China Nuclear Energy Association
A A A
BEIJING - Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) generasi keempat pertama di dunia telah resmi memulai operasi komersial di provinsi Shandong, China.

Kabar itu diumumkan Administrasi Energi Nasional (NEA) China pada Rabu (6/12/2023).

“Reaktor berpendingin gas suhu tinggi (HTGR) di PLTN Teluk Shidao, umumnya dikenal sebagai Shidaowan, berhasil menyelesaikan pengujian non-stop selama 168 jam dan secara resmi telah dioperasikan,” papar pernyataan itu, dilansir RT.

Menurut Badan Energi Atom Internasional (IAEA), reaktor inovatif menghasilkan energi hingga 70 kali lebih banyak, meningkatkan keberlanjutan tenaga nuklir, dan membantu mengurangi volume, toksisitas, dan umur limbah radioaktif.

“China telah mencapai tingkat terdepan di dunia dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi tenaga nuklir generasi keempat,” ungkap NEA.

NEA menambahkan, pengoperasian PLTN akan membantu mendorong pengembangan tenaga nuklir yang aman dan meningkatkan kemampuan ilmiah dan inovasi teknologi.



Kepala perancang program pembangkit listrik tenaga nuklir HTGR, Zhang Zuoyi, mengatakan kepada Xinhua bahwa “keselamatan” adalah fitur utamanya.

“Reaktor dapat mempertahankan kondisi aman dan menghindari kebocoran atau kebocoran bahan radioaktif,” ujar Zuoyi.

Dia menambahkan, bahkan jika terjadi kehilangan kapasitas pendinginan total, reaktor akan mampu mempertahankan kemampuan tersebut tanpa intervensi apa pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)