Tak Tertandingi, Rusia Satu-satunya di Dunia Pemilik Armada Pemecah Es Tenaga Nuklir

Senin, 04 Desember 2023 - 15:30 WIB
loading...
Tak Tertandingi, Rusia Satu-satunya di Dunia Pemilik Armada Pemecah Es Tenaga Nuklir
Upacara peluncuran kapal pemecah es bertenaga nuklir Lead Project Arktika di Galangan Kapal Baltiysky Zavod, St Petersburg, Rusia. Foto/sputnik
A A A
ARKTIK - Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang mengoperasikan armada kapal pemecah es bertenaga nuklir.

Kemampuan itu memungkinkan Moskow mempertahankan kehadirannya di kawasan Arktik yang kepentingan strategis dan geopolitiknya terus berkembang selama bertahun-tahun.

Kapal pemecah es bertenaga nuklir pertama di dunia, “Lenin”, yang juga dianggap sebagai kapal sipil bertenaga nuklir pertama di dunia, dibangun di Uni Soviet dan secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 3 Desember 1959.



Tanggal tersebut menandai dimulainya armada pemecah es bertenaga nuklir Soviet/Rusia, yang paling banyak dan paling kuat di planet Bumi.

Rusia membangun kapal-kapal kuat ini untuk memfasilitasi arus lalu lintas maritim melalui perairan Arktik Rusia, di sepanjang jalur yang saat ini dikenal sebagai Rute Laut Utara.

Kapal pemecah es berbahan bakar diesel yang berkekuatan lebih kecil sering kali tidak mampu menghadapi bongkahan es yang tebal pada awal musim semi atau akhir musim gugur.

Belum lagi pengisian bahan bakar kapal-kapal berbahan bakar diesel ini di tengah laut yang tertutup es hampir mustahil dilakukan.

Sebaliknya, kapal pemecah es bertenaga nuklir dapat menemani karavan kapal kargo selama diperlukan, hancurkan semua rintangan es yang menghalangi jalan mereka.

Meskipun “Lenin” dinonaktifkan pada tahun 1989, kapal ini telah digantikan oleh sejumlah kapal yang lebih kuat dan canggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)