8 Kekuatan Terowongan Hamas, Salah Satunya Tak Bisa Ditembus Teknologi Israel

Minggu, 03 Desember 2023 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Israel mungkin menggunakan teknik seperti drone darat dan drone berpemandu kawat. Meskipun anjing dapat digunakan, efektivitasnya terbatas karena kendala biologis seperti kerentanan terhadap keracunan.

Israel mungkin menjajaki penggunaan drone berpemandu kawat dibandingkan drone GPS karena kekhawatiran akan gangguan sinyal di terowongan. Jika terowongan dibangun dengan cara tertentu, terowongan tersebut mungkin mencakup titik pemotongan yang secara otomatis aktif jika bahan peledak digunakan untuk mengganggu perambatan gelombang.

Terowongan palsu juga menciptakan tantangan tambahan, berisiko kehilangan personel dan gangguan komunikasi.

Ventilasi juga penting, dan mematikan ventilasi menimbulkan risiko oksigenasi yang buruk. Terowongan bervariasi, mulai dari struktur yang tahan beton hingga struktur yang terbuat dari batu, sehingga menimbulkan tantangan seperti masalah kelembapan, rembesan, dan air.

“Kompleksitas faktor-faktor ini menggarisbawahi perlunya navigasi dan komunikasi yang cermat dalam lingkungan terowongan,” kata Munaretto.

8. Tentara Elite Israel pun Menyerah

Di antara unit khusus di tentara Israel, Cohen menyoroti unit teknik khusus yang disebut 'Yahalom', yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah terowongan, dan didukung oleh unit seperti Sayfan dan Samur.

Sebagai salah satu unit terbesar di dunia yang didedikasikan untuk peperangan bawah tanah, unit ini berfokus pada pelatihan, perlengkapan, dan pengembangan strategi inovatif. Upaya kolaboratif dengan polisi, unit intelijen, dan unit anjing Oketz meningkatkan kemampuan melawan ancaman bawah tanah, selain peralatan khusus seperti sensor tanah, radar, dan robot yang dikendalikan dari jarak jauh.

Alat-alat ini, dikombinasikan dengan teknologi komunikasi bawah tanah dan penglihatan malam, memberikan pendekatan komprehensif untuk mengatasi ancaman di lingkungan bawah tanah yang gelap dan kompleks.

Namun, Munaretto menjelaskan bahwa pengerahan personel militer dalam perang terowongan bergantung pada nilai yang dirasakan dari tujuan tersebut. Keputusan untuk mengirim personel, kebutuhan suku cadang, dan kecepatan pergerakan bergantung pada kepentingan strategis tujuan tersebut. Memastikan lingkungan bebas konflik sangatlah penting, dengan adanya personel yang mengamankan area tersebut dan mengatasi komplikasi selama evakuasi di lingkungan yang gelap dan tidak bersahabat.

Dari sudut pandang Hamas, situasinya berbeda. Berada di wilayah asalnya di dalam terowongan, ia mendapat manfaat dari tinggal terus-menerus di area tersebut, sehingga menghasilkan ketangkasan dan keakraban dengan setiap detail jaringan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)