5 Fakta Menarik UNRWA, Lembaga Bantuan Terbesar untuk Rakyat Palestina

Sabtu, 02 Desember 2023 - 04:40 WIB
loading...
5 Fakta Menarik UNRWA, Lembaga Bantuan Terbesar untuk Rakyat Palestina
UNRWA, lembaga bantuan terbesar untuk rakyat Palestina yang tidak disukai Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - United Nations Relief & Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) adalah sebuah lembaga di bawah naungan PBB yang memberikan layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya kepada para pengungsi Palestina.

Lembaga tersebut beroperasi di lima wilayah, yaitu Yordania, Lebanon, Gaza, Suriah, dan Tepi Barat termasuk Yerusalem Timur.

UNRWA unik karena hanya bertanggung jawab terhadap satu kelompok pengungsi saja, yaitu Palestina. Sedangkan tanggung jawab untuk pengungsi di seluruh dunia berada di bawah United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Melalui UNRWA, para pengungsi Palestina di seluruh wilayah yang menjadi pusat operasi, dapat terjamin perlindungan serta keamanannya.

Lembaga ini telah mencatatkan sejarahnya dalam menangani pengungsi Palestina korban dari konflik dengan Israel.

5 Fakta Menarik UNRWA

1. Berdirinya UNRWA


UNRWA secara resmi berdiri pada tahun 1949 melalui resolusi PBB dengan tugas awal yaitu memberikan bantuan langsung kepada 700.000 warga Palestina yang menjadi pengungsi akibat perang Arab-Israel tahun 1948.

Seiring berjalannya waktu, Majelis Umum PBB terus memperbarui mandat UNRWA dengan menginstruksikan lembaga tersebut agar memberikan layanan kesehatan, perumahan, dan bantuan keuangan kepada pengungsi Palestina di seluruh Gaza, Tepi Barat, Yordania, Suriah, dan Lebanon.

2. Pendanaan UNRWA


Lebih dari 90 persen pendanaan UNRWA berasal dari kontribusi sukarela negara-negara anggota PBB.

Menurut dosen Universitas College London, Anne Irfan, pendanaan UNRWA semata-mata dilakukan untuk menjaga stabilitas kawasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)