Korea Utara Tolak Berunding dengan AS yang Dianggap Bermuka Dua dan Congkak

Jum'at, 01 Desember 2023 - 06:30 WIB
loading...
Korea Utara Tolak Berunding dengan AS yang Dianggap Bermuka Dua dan Congkak
Kim Yo-jong, kepala kebijakan luar negeri Korea Utara dan adik perempuan Pemimpin Korut Kim Jong-un. Foto/AP
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengecam Amerika Serikat (AS) karena menawarkan perundingan perdamaian baru bahkan ketika Washington meningkatkan provokasi militer di wilayah tersebut dan mencoba menolak hak kedaulatan Pyongyang untuk mengembangkan program kedirgantaraan.

Kim Yo-jong, kepala kebijakan luar negeri Korea Utara dan adik perempuan Pemimpin Korut Kim Jong-un, menolak kemungkinan melanjutkan perundingan dengan para pejabat AS pada Rabu (29/11/2023).

Kim Yo-jong mengutip “standar ganda yang ekstrim” yang ditampilkan pada pertemuan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pekan ini mengenai peluncuran satelit mata-mata pertama Pyongyang.

Dia mengklaim para pejabat AS meminta Korea Utara, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), untuk menetapkan waktu dan agenda untuk dialog baru.

“Kedaulatan suatu negara merdeka tidak akan pernah menjadi agenda perundingan, dan oleh karena itu, DPRK tidak akan pernah bertatap muka dengan AS untuk tujuan tersebut,” tegas Kim dalam pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) yang dikelola pemerintah.

“Ancaman utama terhadap perdamaian dan keamanan internasional tidak datang dari pelaksanaan hak kedaulatan DPRK, namun dari tindakan sewenang-wenang dan kecongkakan AS yang mengganggu dan menindas DPRK.”



Kim melontarkan komentarnya dua hari setelah diplomat AS dan Korea Utara bertengkar di DK PBB mengenai hak Pyongyang mengembangkan sistem senjata yang dianggap perlu untuk mempertahankan diri.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield membantah klaim Korea Utara bahwa uji coba rudal kontroversialnya bersifat defensif, dan hal ini dilakukan sebagai tanggapan atas latihan militer gabungan Washington dengan pasukan Korea Selatan.

Thomas-Greenfield menawarkan “dialog tanpa prasyarat,” dan menambahkan DPRK hanya perlu menerima tawaran Washington.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)