AS Disebut Sedang Rancang Pengusiran Pejuang Hamas dari Gaza

Kamis, 30 November 2023 - 19:09 WIB
loading...
AS Disebut Sedang Rancang Pengusiran Pejuang Hamas dari Gaza
Presiden AS Joe Biden bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Israel, 18 Oktober 2023. Foto/REUTERS/Evelyn Hockstein
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan sedang mengupayakan penyelesaian krisis di Gaza serupa dengan yang diterapkan Presiden Ronald Reagan terhadap Israel selama pengepungan Beirut tahun 1982.

Reagan menekan Perdana Menteri Israel saat itu, Menachem Begin, untuk menghentikan pemboman di ibu kota Lebanon.

Gencatan senjata yang dimediasi AS melibatkan relokasi ribuan pejuang Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dari Lebanon ke negara lain.

The Wall Street Journal melaporkan pada Rabu (29/11/2023) bahwa Washington sedang mendiskusikan pengaturan serupa untuk Gaza dengan Israel.

Berdasarkan proposal tersebut, ribuan pejuang Palestina Hamas akan diizinkan meninggalkan daerah kantong yang terkepung tersebut.

Surat kabar tersebut tidak secara langsung menghubungkan gagasan tersebut dengan AS, dan menyebutnya sebagai bagian dari “perkembangan pembicaraan Israel dan Amerika tentang siapa yang akan memerintah Gaza” setelah perang berakhir.



Pengusiran paksa akan melemahkan basis kekuatan Hamas di wilayah Gaza. Keberlangsungan ide tersebut masih dipertanyakan, menurut laporan itu.

“Saya tidak melihat mereka serasional PLO,” ujar seorang pejabat Israel kepada WSJ. “Ini adalah organisasi yang lebih religius dan jihadis yang terhubung dengan ide-ide Iran.”

Israel dilaporkan membantu Hamas mendapatkan kekuasaan, melihatnya sebagai penyeimbang yang berguna bagi PLO dan sayap politiknya Fatah, yang saat ini mengendalikan Otoritas Palestina (PA) di Tepi Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)