Deretan Petinggi Hamas yang Tinggal di Qatar

Kamis, 30 November 2023 - 04:35 WIB
loading...
Deretan Petinggi Hamas yang Tinggal di Qatar
Banyak pemimpin Hamas yang mengasingkan diri di Qatar. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Banyak petinggi Hamas yang hidup di pengasingan. Mereka menjalankan misi diplomasi untuk mendapatkan dukungan bagi perjuangan. Qatar merupakan tujuan pengasingan mereka karena mendapatkan jaminan keamanan dari Doha.

Berikut adalah dereta petinggi Hamas yang tinggal di Qatar.

1. Ismail Haniyah

Deretan Petinggi Hamas yang Tinggal di Qatar

Foto/Reuters

Ismail Haniyeh secara luas dianggap sebagai pemimpin Hamas secara keseluruhan.

Sebagai anggota terkemuka gerakan tersebut pada akhir tahun 1980an, Israel memenjarakan Haniyeh selama tiga tahun pada tahun 1989 ketika mereka menindak pemberontakan Palestina yang pertama.

Dia kemudian diasingkan pada tahun 1992 ke tanah tak bertuan antara Israel dan Lebanon, bersama sejumlah pemimpin Hamas.

Setelah setahun di pengasingan, dia kembali ke Gaza. Pada tahun 1997 ia diangkat menjadi kepala kantor pemimpin spiritual Hamas, sehingga memperkuat posisinya.

Haniyeh ditunjuk sebagai perdana menteri Palestina pada tahun 2006 oleh Presiden Mahmoud Abbas setelah Hamas memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu nasional, namun diberhentikan setahun kemudian setelah kelompok tersebut menggulingkan partai Fatah pimpinan Abbas dari Jalur Gaza dalam seminggu kekerasan yang mematikan.

Haniyeh menolak pemecatannya karena dianggap "inkonstitusional", dan menekankan bahwa pemerintahannya "tidak akan mengabaikan tanggung jawab nasionalnya terhadap rakyat Palestina", dan terus memerintah di Gaza.

Dia terpilih sebagai kepala biro politik Hamas pada tahun 2017.

Pada tahun 2018, Departemen Luar Negeri AS menetapkan Haniyeh sebagai teroris. Dia telah tinggal di Qatar selama beberapa tahun terakhir.


2. Khaled Meshaal

Deretan Petinggi Hamas yang Tinggal di Qatar

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)