5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Selasa, 28 November 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan
Fatah dan Hamas memiliki banyak perbedaan dalam memperjuangkan rakyat Palestina. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pejuang Brigade Qassam yang bertopeng menyesuaikan senapan serbu AK-47 miliknya sebelum ia duduk di kursi di kantor Presiden Otoritas Palestina (PA) Gaza, Mahmoud Abbas.

“Halo, Condoleezza Beras. Anda harus berurusan dengan saya sekarang. Tidak ada lagi Abu Mazen [Abbas],” canda pejuang tersebut dalam sebuah panggilan telepon khayalan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat saat itu. Di sekelilingnya, para pejuang sayap bersenjata Hamas mengambil foto diri mereka sendiri.

Saat itu tahun 2007, dan Hamas baru saja berjuang dan mengalahkan faksi partai Fatah pimpinan Abbas untuk menguasai Gaza.

Fatah kalah dalam pemilihan legislatif Palestina tahun 2006 dan tidak senang dengan hasilnya, sehingga menyerang pemenangnya, Hamas.

Hal ini tidak hanya berarti perpecahan politik tetapi juga perpecahan geografis. Palestina terpecah menjadi Tepi Barat yang diduduki, sebagian diperintah oleh Otoritas Palestina, dan Gaza di bawah Hamas.

Situasinya tetap stagnan sejak saat itu – hingga kini masa depan politik rakyat Palestina tampak semakin tidak menentu.

Berikut adalah 5 alasan Fatah dan Hamas tidak mungkin bersatu.

1. Memiliki Pendekatan yang Berbeda dalam Memimpin Palestina

5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Foto/Reuters

Inti dari perpecahan antara dua pemain paling dominan dalam politik Palestina ini adalah perbedaan pendekatan mereka terhadap perjuangan Palestina.

"Meskipun Fatah dan Otoritas Palestina, yang kepemimpinannya saat ini sama, fokus pada kerja sama dengan Israel, strategi Hamas adalah menghadapi Israel secara militer," kata Aboud Hamayel, dosen di Universitas Birzeit di Tepi Barat, dilansir Al Jazeera.

“Tidak ada yang bisa kami lakukan,” kata Hamayel, menirukan nada kekalahan PA.


2. Memiliki Posisi dan Sikap Hubungan dengan Israel yang Berbeda

5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Foto/Reuters

Basis dukungan PA di Tepi Barat didasarkan pada hubungan transaksional dengan Israel. Namun, beberapa faksi Fatah mengambil bagian dalam perjuangan bersenjata di Tepi Barat, dimana gerakan tersebut lebih vokal dan beragam dibandingkan PA.

"Fatah masih ada di Gaza, dan kini menjadi oposisi. Para pendukungnya terpecah antara kesetiaan kepada Abbas dan mantan pemimpin Fatah Mohammed Dahlan, yang telah berada di pengasingan di Uni Emirat Arab selama 10 tahun," kata Hamayel.

PA mendapat pengakuan internasional dan menerima pendanaan serta pendapatan pajak. Pada gilirannya, mereka mengatur keamanan di wilayahnya, secara teoritis membebaskan Israel dari menghadapi kehidupan warga Palestina sehari-hari, kata Hamayel, kecuali ketika Israel melakukan penggerebekan dan penangkapan yang melawan warga Palestina.

3. Retorika Persatuan Palestina yang Rapuh

5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Foto/Reuters

Fatah memang ingin mencapai persatuan dengan Hamas, menurut juru bicara kelompok tersebut, meskipun beberapa upaya selama bertahun-tahun untuk mewujudkannya telah gagal.

“Melalui dialog nasional, kita akan mencapai konsensus tentang bagaimana mengatur diri kita sendiri, bagaimana memimpin perjuangan kita dan menyajikannya kepada dunia,” Jamal Nazzal, juru bicara Fatah dan anggota badan parlemennya, Dewan Revolusi, mengatakan kepada Al Jazeera.

Sedangkan Kenneth Katzman, peneliti senior di Soufan Center yang berbasis di New York, entitas Palestina yang bersatu adalah tujuan AS, terutama ketika muncul diskusi mengenai nasib Gaza setelah perang.

Entitas ini akan mengendalikan Gaza dan Tepi Barat, menerima keberadaan Israel dan melanjutkan perundingan Oslo dengan Israel, katanya, merujuk pada perjanjian antara Israel dan payung Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada tahun 1990an.

“Saya pikir tujuannya adalah untuk kembali ke perundingan sebelumnya,” kata Katzman kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa mereka akan menjadi pendahulu bagi Washington untuk memediasi solusi dua negara.

4. Perbedaan Pandangan terhadap Solusi 2 Negara

5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Foto/Reuters

Rafe Jabari, seorang analis ilmu politik Perancis-Palestina, setuju bahwa solusi dua negara harus diupayakan setelah perang berakhir tetapi mengatakan bahwa perjanjian baru harus dibuat untuk menggantikan Perjanjian Oslo karena Palestina dipaksa untuk membuat terlalu banyak konsesi dalam perjanjian tersebut.

Israel tidak akan bersedia melepaskan kendali atas wilayah yang mereka duduki, tambah Jabari, dan Israel tidak akan bisa menghancurkan Hamas seperti yang mereka inginkan. “Hamas adalah bagian dari masyarakat Palestina. Mereka tidak bisa melenyapkan Hamas,” kata Jabari kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa mereka bukan sekadar sayap politik.

Namun, al-Reshaq mengatakan: “Warga Palestina di mana pun lebih mendukung Hamas. Mereka melihat Hamas berupaya melawan pendudukan,” katanya, seraya menambahkan bahwa dukungan global untuk jumlah warga Palestina meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, Hamas melihat kelemahan dalam serangan Israel yang tampaknya tidak terarah terhadap warga sipil.

“Besarnya kekalahan [pada tanggal 7 Oktober] membuat [Israel] kehilangan akal sehatnya dan menyerang ke segala arah tanpa berpikir panjang,” kata al-Reshaq. “Itu telah gagal. Mereka gagal di medan perang pada tanggal 7 Oktober ketika berhadapan dengan Brigade Qassam, dan sekarang mereka gagal karena tidak mampu mencapai tujuan nyata apa pun di Gaza.”

5. Hamas Jadi Pahlawan, Fatah sebagai Pecundang

5 Alasan Fatah dan Hamas Selalu Bertikai, dari Sikap terhadap Israel hingga Gaya Perjuangan

Foto/Reuters

"Jika Israel tidak bisa menyingkirkan Hamas, perpecahan antara kedua kelompok politik Palestina akan semakin dalam," prediksi Hamayel.

Hamayel memprediksi, Hamas akan tetap berdiri, pahlawan yang gagah berani bagi Palestina dalam memerangi Israel, dan Otoritas Palestina akan tampak lemah, dipermalukan karena telah bekerja sama dengan Israel selama bertahun-tahun.

"Hal ini akan memulai lingkaran setan dari lemahnya Otoritas Palestina yang menginspirasi lebih banyak aktivitas pemukim di Tepi Barat, yang akan semakin mengikis kendali kelompok tersebut atas wilayah tersebut," katanya.

“Ini bisa menjadi awal dari berakhirnya Fatah ataui PA,” kata Hamayel.

Namun demikian, Hamas tetaplah Hamas. “Mereka tidak dapat mengatur ulang rumah Palestina sesuai keinginan mereka. Hamas akan tetap ada, dan apa yang muncul setelah Hamas juga akan menjadi Hamas,” kata Izzat al-Rasheq, anggota Biro Politik Hamas. Dia menambahkan bahwa Palestina tidak akan menerima “AS atau Israel atau siapa pun” yang memberi tahu mereka siapa yang harus memerintah mereka.

“Rakyat Palestina tidak akan pernah menerima entitas yang memasuki Gaza dengan tank Israel,” katanya.

Karena tidak mungkin memberantas Hamas, kata Jabari, kelompok tersebut harus dilibatkan dalam negosiasi pascaperang.

“Semua aktor harus dilibatkan dalam penyelesaian konflik,” katanya, mengutip negosiasi masa lalu yang terjadi bahkan ketika salah satu pihak dipandang sebagai “kelompok teroris”, seperti pada perjanjian perdamaian Prancis-Aljazair pada tahun 1962 atau, baru-baru ini, dalam pembicaraan antara AS dan Taliban.

Masa transisi yang melibatkan pasukan penjaga perdamaian internasional di Gaza disebutkan oleh Katzman dan Jabari sebagai langkah pertama sebelum negosiasi.

Namun, Jabari menambahkan, kekuatan-kekuatan ini mengalami kegagalan besar dalam konflik-konflik baru-baru ini.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)