Rayakan Uji Rudal Antarbenua, Rakyat Korut Pesta Kembang Api

Sabtu, 02 Desember 2017 - 23:54 WIB
Rayakan Uji Rudal Antarbenua, Rakyat Korut Pesta Kembang Api
Rayakan Uji Rudal Antarbenua, Rakyat Korut Pesta Kembang Api
A A A
SEOUL - Ribuan warga dan tentara Korea Utara (Korut) berkumpul di Kim Il-Sung Square, Pyongyang untuk merayakan keberhasilan negara itu dalam menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15. Mereka menikmati pesta kembang api dan tarian.

Surat kabar yang dikelola Partai Buruh, Rodong Sinmun, pada Sabtu (2/12/2017) memajang foto-foto kemeriahan perayaan publik itu di halaman depan. Orang-orang terlihat bertepuk tangan dengan lokasi dihiasi potret besar pemimpin Korut Kim Jong-un.

”Kami sungguh-sungguh merayakan kesuksesan peluncuran Hwasong-15 yang menunjukkan kekuatan dan kehebatan Chosun (Korea Utara) ke seluruh dunia,” bunyi salah satu banner yang dipegang orang banyak, mengacu pada rudal balistik antarbenua tersebut.

Korea Utara pada hari Rabu berhasil menguji tembak ICBM terbarunya. Kim Jong-un yang menyaksikan langsung uji tembak senjata itu menyatakan bahwa negaranya sekarang telah menjadi negara berkekuatan nuklir.

Kendati demikian, Kim absen dari perayaan massal yang berlangsung hari Jumat tersebut.

”Hiduplah Jenderal Kim Jong-un yang telah membawa kita ke penyebab terciptanya sejarah kenegaraan nuklir yang hebat,” bunyi spanduk yang bermunculan di lokasi perayaan.

Pak Kwang-Ho, Wakil Ketua Komite Sentral Partai Buruh—komite yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan partai—menyampaikan pesan kepada kerumunan massa tentang sejarah baru Korut.

”Setelah uji coba peluncuran hari Rabu, sekarang tidak ada yang bisa melanggar kedaulatan dan hak kita untuk bertahan dan berkembang,” katanya yang dilansir surat kabar Korut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3266 seconds (0.1#10.140)